Wishnutama Hanya Bisa Pasrah Jumlah Wisatawan Mancanegara Tahun Ini Menurun
Instagram
Nasional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama hanya bisa pasrah setelah mengetahui penurunan wisatawan asal mancanegara pada tahun ini ke Indonesia.

WowKeren - Wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi Indonesia pada tahun ini mengalami penurunan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama mengaku hanya bisa pasrah dan menerima kenyataan atas tidak tercapainya target wisman tahun ini.

Seperti yang diketahui, Presiden Joko Widodo telah memberikan target kepada Kementerian Pariwisata untuk mendatangkan 18 juta wisatawan asing ke Indonesia pada tahun 2019. Saat itu Kementerian Pariwisata masih dipimpin oleh Arie Yahya dan belum disatukan dengan Badan Ekonomi Kreatif seperti sekarang.

Padahal target tersebut sudah diturunkan dari target awal yaitu sebesar 20 juta wisman. Alasan penurunan ini lantaran pada pertengahan tahun Indonesia sedang dilanda berbagai bencana alam.

Badan Pusat Statistik mencatat data kedatangan wisman ke Indonesia hingga September 2019 lalu baru berjumlah 12,27 juta. Wishnutama pun menjelaskan lebih lanjut mengenai ketidakmampuan Kementerian Pariwisata untuk memenuhi target pada tahun ini.


"(Untuk target wisman) tidak terlalu banyak yang bisa kami lakukan," kata Wishnutama dalam acara temu media di M Bloc Space, Jakarta, pada Selasa (5/11). "Karena turis sudah pesan tiket dari jauh hari dan sekarang sudah masuk November."

Menurut Wishnutama, penurunan ini juga dipengaruhi dengan perbandingan event yang ada di Indonesia pada tahun lalu seperti Asian Games dan pertemuan IMF. Sementara pada tahun ini, Indonesia tidak memiliki banyak event yang cukup menarik untuk mendatangkan wisman lantaran acara besar hanyalah Pemilu.

Wishnutama pun mengatakan jika dua bulan ke depan akan menjadi tantangan yang besar bagi kementeriannya. Hal ini karena pihaknya akan berusaha untuk mendatangkan sebanyak mungkin wisman agar setidaknya dapat mendekati angka target.

"Menurut pemahaman kami, tahun ini jumlah wisman turun karena ada banyak event besar tahun lalu seperti Asian Games, pertemuan IMF, tahun ini tidak, hanya ada pemilu," jelas Wishnutama. "Tetap saja bagi kami dua bulan ini bakal jadi tantangan (untuk mendatangkan wisman)."

Menjelang pergantian tahun, Wishnutama bersama wakilnya Angela Tanoesoedibjo akan fokus mengejar tiga target Kemenparekraf. Tiga target tersebut adalah pariwisata sebagai penghasil devisa nomor satu di tanah air, produk ekonomi kreatif Indonesia menjadi terbaik di kawasan ASEAN, dan menjadikan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai sumber kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru