BKN Bantah Topik Radikalisme Bakal Masuk di Seleksi CPNS 2019
Nasional

Sebelumnya dikabarkan seleksi CPNS 2019 akan dilengkapi dengan soal terkait radikalisme dan pencegahannya. Namun kekinian kabar tersebut diklarifikasi oleh pihak BKN.

WowKeren - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 sudah tinggal menghitung hari. Sedianya seleksi nasional tersebut akan digelar pada Senin (11/11) mendatang.

Seperti tahun sebelumnya, seleksi kali ini pun akan diselenggarakan dalam tiga tahapan. Yakni Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Di SKD sedianya akan tersedia tiga jenis tes, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi (TKP). Terkait SKD ini, sebelumnya pernah disampaikan seleksi akan dilengkapi dengan soal terkait radikalisme.

"Soal-soal ini ada inovasi baru, misalnya radikalisme," ungkap Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Harya Wibisana, di Kantor KemenPAN-RB, Jakarta pada Rabu (30/10). "Pada saat tes kebangsaan, kami sudah memasukkan keinginan untuk soal-soal seperti itu, jadi akan ada soal seperti itu, tapi tidak signifikan."

Namun belakangan BKN meralat pernyataan tersebut. Dilansir dari Kompas, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyatakan topik radikalisme tak jadi dimunculkan di SKD CPNS 2019. Keputusan ini diambil karena topik tes harus mengikuti perkembangan zaman.


"Kita tidak bisa kembali ke masa lalu, tahun ini ada isu-isu lain yang berkembang," jelas Ridwan, Kamis (7/11). "SKD harus mengikuti perkembangan zaman karena fungsi ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa."

Namun demikian, Ridwan menyatakan topik radikalisme masih akan dipertimbangkan untuk muncul di SKD. Nantinya soal-soal di seleksi CPNS 2019 akan dibuat oleh konsorsium 18 PTN seluruh Indonesia. "Isu radikalisme adalah salah satu hal baru yang menjadi pertimbangan," ujarnya.

Di sisi lain, Ridwan pun sempat memberikan pernyataan perihal ambang batas atau passing grade dari tiap jenis tes di SKD tersebut. Menurutnya passing grade akan diumumkan lebih lanjut. "PermenPAN-RB tentang passing grade sedang dibahas," pungkas Ridwan.

BKN Bantah Topik Radikalisme Bakal Masuk di Seleksi CPNS 2019

Twitter/BKNgoid

Sementara itu, BKN telah memberikan kisi-kisi terkait soal di setiap jenis tes SKD. Untuk TWK akan ditanyakan seputar nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia.

Untuk TIU, soal seputar kemampuan verbal, numerik, dan figural lah yang akan ditanyakan. Sedangkan di TKP akan fokus pada soal seputar pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru