Gangguan Bipolar dan BPD Disebabkan Oleh Faktor Yang berbeda
Health

Ariel Tatum beberapa waktu lalu mengungkapkan rahasianya bahwa dirinya menderita Borderline Personality Disorder (BPD). Jika dilihat sekilas, BPD ini sama dengan Bipolar. Lalu bagaimana membedakannya?

WowKeren - Gangguan bipolar dan BPD sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor, antara lain faktor genetik, adanya gangguan dan ketidakseimbangan neurotransmiter pada otak, serta adanya peristiwa-peristiwa dalam hidup yang membekas seperti kematian seseorang yang dicintai dan perceraian.

Mereka yang memiliki BPD ternyata memiliki ganggguan pada bagian lobus frontolimbik yang menyebabkan terjadinya defisit pada prefrontal dan hiperaktif pada sistem limbik. Adanya defisit ini juga akan membuat seseorang tidak dapat membendung dan mengontrol emosi negatif.

Gangguan ini juga akan memicu timbulnya sifat agresif dan ketidakstabilan mood. Sedangkan pada mereka yang memiliki gangguan bipolar, letak gangguannya berbeda. Gangguan terjadi pada bagian otak yaitu prefrontal subkortikal dan anterior limbik.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait