Bopak Castello Beberkan Cara Jaga Kesehatan Usai Hidup Dengan Satu Paru-Paru
Instagram/bopakcastello_new
Selebriti

Bopak Castello baru saja mengalami masalah kesehatan dengan tidak berfungsinya satu paru-parunya. Lantas bagaimana ia menjaga tubuh atas kondisinya itu?

WowKeren - Bopak Castello sudah lama tidak terdengar kabarnya di dunia hiburan Indonesia. Bopak baru-baru ini mengakui dirinya sedang mengalami masalah kesehatan yang cukup serius sehingga jarang bisa malang-melintang di dunia pertelevisian.

Rupanya, satu paru-paru Bopak sudah tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya. Walau begitu, pelawak yang memiliki nama asli Indrayana Bidwy ini mengakui jika kondisi kesehatannya sudah lumayan membaik.

"Alhamdulillah kesehatan udah lumayan," ujar Bopak saat ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis (7/11). "Istilah paru kan udah separo, tinggal kita yang jaga dengan baik, gitu aja lah."

Bopak membeberkan kegagalan fungsi salah satu paru-parunya dikarenakan pola hidupnya yang tidak baik. Ia mengaku dulu semasa muda dan sedang berjuang dalam meniti karier sering tidur di sembarang tempat sehingga berimbas pada kondisi paru-parunya di usianya yang sudah menyentuh 52 tahun ini.

Presenter yang sukses setelah membintangi acara "Yuk Keep Smile" ini mengaku saat ini hanya hidup dengan paru-paru kanannya saja. Hal ini terkadang membuatnya mengalami susah napas.


"Namanya perjuangan hidup kan gitu, tidur di mana aja. Pas usia kepala 4 kena lah," jelas Bopak. "(Susahnya) Paling di napas. Kalo napas paru satu kan yang bekerja sebelah kanan aje, kiri engga."

Kerusakan paru-paru Bopak ini diungkapkan ternyata sudah berlangsung cukup lama. Namun karena tuntutan pekerjaan, ia tetap dengan semangat terus bekerja seolah tidak memiliki masalah kesehatan.

"Pas semenjak kita neken kontrak sinetron, sebelum kita syuting tuh kita keburu masuk rumah sakit," kenang Bopak. "Kita tetep suruh main di situ tapi kita minta waktu, jam 10 udah selesai."

Lantas bagaimana Bopak dapat terus hidup secara baik-baik saja dan bisa menjalankan banyak aktivitasnya hanya dengan satu paru-parunya tersebut? Artis kelahiran Jakarta ini mengungkapkan jika saat ini ia secara teratur menjalani pengobatan medis.

Bopak saat ini juga berusaha menjaga kesehatan dengan sama sekali tidak merokok. Tak hanya itu, ia juga sudah diwanti-wanti dokter agar jangan beraktivitas hingga kelelahan. Bopak mengaku sekarang ia sudah menerima konsekuensi akibat pola hidupnya yang tidak terjaga selama ini.

"Secara medis dengan dokter Budi di RS Bekasi. Dokternya enak, memberi semangat," ungkap Bopak. "Dia bilang 'Ini gak berfungsi ya Bopak, dijaga ini udah bersih, hati-hati'. Nggak boleh capek, hindari orang merokok."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait