Ini Alasan Surya Paloh Ajak Anies ke Pembukaan Kongres NasDem Tapi Tak Undang Jokowi
Nasional

Dalam pembukaan Kongres II Partai NasDem pada Jumat (8/11) malam, Surya Paloh juga sempat ditanya apakah hadirnya Anies dan absennya Jokowi merupakan sinyal manuver di Pilpres 2024.

WowKeren - Pembukaan Kongres II Partai NasDem telah usai digelar di JI Expo, Jakarta, pada Jumat (8/11) malam. Namun, Presiden Joko Widodo tampak tak diundang dalam acara partai koalisinya tersebut.

Meski demikian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak menghadiri kongres tersebut. Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, lantas mengungkapkan alasannya tak mengundang Jokowi tapi menghadirkan Anies di kongres itu.

Menurut Surya Paloh, acara pembukaan kongres merupakan gelaran internal. Oleh sebab itu, NasDem sengaja tidak mengundang pihak dari luar partai, termasuk Jokowi. Sementara itu, Anies diundang selaku Gubernur DKI Jakarta, tempat acara kongres tersebut digelar.

"Pembukaan karena ini masalahnya sebenarnya internal, tapi tidak pantas kalau Gubernur Jakarta kita tidak lapor di tempat ini," ungkap Surya Paloh. "Kalau dia enggak kasih izin tempat ini kan gimana, kan susah kita."

Surya Paloh mengaku pihaknya baru akan mengundang pihak luar pada penutupan kongres sekaligus peringatan hari jadi NasDem pada Senin (11/11) pekan depan. Surya Paloh akan mengundang sejumlah pimpinan parpol, baik dari dalam maupun luar koalisi Jokowi.


Selain itu, Surya Paloh juga sempat ditanya apakah hadirnya Anies dan absennya Jokowi merupakan sinyal manuver Pilpres 2024. Mantan Direktur Utama Metro TV tersebut lantas enggan memberikan jawaban pasti. Ia justru melempar pertanyaan tersebut kepada Anies.

"Terserah Bung Anies, kalau dia yakin barang kali mau maju (Pilpres) 2024," tutur Surya Paloh. "Tanya Pak Anies."

Menanggapi lemparan pertanyaan tersebut, Anies mengalihkan pembicaraan. Sang Gubernur hanya memberikan ucapan selamat kepada Partai NasDem atas digelarnya pembukaan Kongres tersebut.

"Ya kita menyambut atas nama warga Jakarta, NasDem kongres di Jakarta," ujar Anies. "Ucapkan selamat datang, selamat kongres."

Di sisi lain, beberapa kader NasDem sempat meneriakkan "oposisi" dalam kongres tersebut. Namun, Surya Paloh menilainya sebagai aspirasi pribadi sang kader saja.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru