Pecah Kongsi Dengan Garuda, Sriwijaya Air Kini Diawasi Oleh Kemenhub
Nasional
Sriwijaya Air vs Garuda Indonesia

Sriwijaya Air dan pihak PT Garuda Indonesia kembali menemui jalan buntu sehingga keduanya memutuskan untuk memutuskan kerja samanya. Kini Sriwijaya Air akan tetap mengudara dengan diawasi oleh Kemenhub.

WowKeren - Kabar pecah kongsi antara PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan Sriwijaya Air kembali menjadi sorotan beberapa waktu terakhir. Masalah tersebut muncul karena kedua belah pihak kembali menemui jalan buntu.

Akibat dari kejadian ini adalah sejumlah penerbangan Sriwijaya Air akhirnya dibatalkan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sekarang menjadi pihak yang memastikan terpenuhinya aspek keselamatan, keamanan, layanan, dan kepatuhan (3S+1C) dalam operasional penerbangan Sriwijaya Air.


Tak hanya itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti memastikan rencana kontinjensi dan mitigasi terhadap operasional penerbangan Sriwijaya Air berjalan dengan optimal. Hal ini dilakukan agar pelayanan terhadap konsumen dapat dilaksanakan dengan baik.

"PT Sriwijaya Air dan Nam Air wajib menjaga airworthiness (kelayakan udara) dan safe for operation (keamanan operasi) seluruh pesawat yang dioperasionalkan " tegas Polana dalam keterangan resminya, Minggu (10/11).

Polana juga menambahkan jika Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan terus melakukan pengawasan terhadap Sriwijaya Air dan Nam Air melalui inspektur penerbangan baik dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara dan Kantor Otoritas Bandar Udara.

Hal tersebut untuk memastikan bahwa 3S + 1C terpenuhi dan pengguna jasa angkutan udara dapat terlayani dengan baik. Selain itu, kedua maskapai tersebut harus tetap memastikan untuk memberi kualitas pelayanan dalam memenuhi kewajiban kepada pengguna jasa sesuai dengan SOP yang disampaikan kepada Ditjen Hubud.

Sebelumnya, diketahui jika Sriwijaya Air siap untuk kembali beroperasi setelah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa fasilitas ground handling dan maintenance untuk pesawat Sriwijaya Air sudah lengkap. Pasalnya, pihak Sriwijaya Air sempat mengeluhkan fasilitas penerbangan yang ditahan pihak Garuda Indonesia.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts