Prabowo Heran PDIP Minta Rincian Anggaran Kemenhan: Maksudnya Apa?
Instagram/prabowo
Nasional

Meski demikian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku siap merinci penggunaan anggaran Kemenhan selama lima tahun ke depan di Kabinet Indonesia Maju.

WowKeren - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dibuat heran dengan Fraksi PDIP di komisi I DPR RI, Effendi Simbolon. Pasalnya, Effendi meminta Kemenhan membeberkan rincian anggaran Kementerian Pertahanan yang notabene mendapat porsi paling besar di antara kementerian lainnya.

Menurut Prabowo, selama ini pembahasan anggaran Kemennhan dilakukan secara tertutup oleh menteri-menteri sebelumnya. Ia pun mempertanyakan maksud fraksi PDIP tersebut yang ingin agar penggunaan anggaran Kemenhan disampaikan secara lebih terbuka.


Diketahui, Kemenhan mendapat alokasi dana sebesar Rp 131 triliun dari negara. Prabowo pun mengaku siap jika dirinya diminta merinci anggaran tersebut.

"Jadi, saya sebetulnya, saya mengira bahwa seluruhnya ini tertutup. Sebagaimana menhan-menhan yang dulu. Maksudnya apa? maksudnya kan kita sudah tahu anggarannya Rp 131 triliun sekian-sekian," kata Prabowo di Senayan, Jakarta. Senin (11/11). "Komponennya kita sudah tahu, tapi kalau memang dibutuhkan (merinci) saya siap."

Mantan Danjen Kopassus itu pun merasa ditekan oleh sejumlah fraksi. Padahal anggaran semacam itu merupakan rahasia negara dimana pertanggungjawabannya kepada presiden. meski demikian, ia bersedia jika harus merinci anggaran namun tidak dilakukan secara terlalu terbuka.

"Kalau saya merasa saya ditekan untuk terbuka, saya tidak akan lakukan," tegas Prabowo. "Saya bertanggung jawab kepada Presiden RI. Kami bersedia kepada saudara-saudara secara tertutup saya bersedia, tapi maaf saya tidak akan mau bicara terlalu terbuka."

Dilansir dari CNN Indonesia, Effendi memang acap kali melakukan interupsi usai Prabowo memaparkan visi dan misi kementeriannya dalam Kabinet Indonesia Maju lima tahun ke depan. Ia meminta agar Prabowo memaparkan anggaran pertahanan yang dimasukkan dalam salinan paparan Menhan tersebut.

"Ini dukungan anggarannya seperti apa karena di sini ada," kata Effendi. "Tolong disampaikan. Jadi ini menjadi bahan kita, bahasan di dalam rapat kita hari ini."

Sebelumnya, anggota BPK RI Achsanul Qosasi menilai wajar jika Kemenhan mendapatkan porsi anggaran yang sangat besar. Sebab memang diperlukan dana yang tak sedikit untuk bisa menjaga keamanan negara.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts