'Om Swastiastu' Trending Topic Gegara Imbauan MUI, Begini Pedasnya Sindiran Warganet
Nasional
Imbauan MUI Salam Lintas Agama

MUI Jatim mengeluarkan imbauan agar pejabat tak lagi mengucapkan salam semua agama dalam sambutan mereka. Imbauan ini pun menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia.

WowKeren - Imbauan terbaru Majelis Ulama Indonesia (MUI) sukses membuat publik mengernyit. Bukan tanpa alasan, pasalnya MUI Jawa Timur pada Minggu (10/11) kemarin mendadak menyerukan imbauan agar pejabat publik tak lagi mengucapkan salam semua agama.

Menurut MUI, salam lintas agama merupakan bentuk bidah yang semestinya dihindari oleh umat Islam. Imbauan ini lantas dituangkan dalam surat resmi yang diteken oleh Ketua MUI Jatim, KH Abdusshomad Buchori.


Tak ayal imbauan itu pun menuai reaksi beragam. Ada yang pro dengan fatwa tersebut, seperti dari Partai Keadilan Sejahtera yang menyebut salam lintas agama bukanlah wujud toleransi. Sedangkan banyak pula yang kontra karena imbauan tersebut dinilai menyalahi toleransi yang mesti berkembang di negara majemuk seperti Indonesia.

Penolakan sejauh ini telah disampaikan oleh sejumlah pemuka agama dan pejabat, termasuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Ketika masalah ini dilempar ke masyarakat pun, rupanya kebanyakan dari mereka ikut menolak imbauan MUI tersebut.

Penolakan ini terbukti dari meroketnya kata kunci "Om Swastiastu", salam pembuka dari agama Hindu, di Trending Topic Indonesia. Dipantau pada Selasa (12/11) pukul 09.22 WIB, kata kunci tersebut berada di posisi kesepuluh dengan lebih dari 1500 cuitan terkait.

\'Om Swastiastu\' Trending Topic Gegara Imbauan MUI, Begini Pedasnya Sindiran Warganet-1

Twitter

"Mengapa negeri ini Ribet karena, Orang Indonesia : Assalamualaikum Wr.Wb, Salam Sejahtera, Om swastiastu, Namo Budhaya !!" sindir @kur***. "Orang Bule : Hi (senyum). Makanya banyak masalah gampang dinegeri ini jadi rumit, karena sukanya cari yg remeh temeh."

\'Om Swastiastu\' Trending Topic Gegara Imbauan MUI, Begini Pedasnya Sindiran Warganet-2

Twitter

\'Om Swastiastu\' Trending Topic Gegara Imbauan MUI, Begini Pedasnya Sindiran Warganet-3

Twitter

"Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Salam Sejahtera untuk kita semua. Shalom. Om Swastiastu. Namo Buddaya. Salam Kebajikan," cuit @kan******78. "Selamat pagi...yang terhormat seluruh pengurus @MUIPusat se-Indonesia. Di kesempatan yg baik ini, pertama-tama kami ingin mengucapkan BODO AMAT kepada Majelis Ulama Indonesia baik tingkat pusat khususnya MUI Jawa Timur yg mengeluarkan kebijakan menerbitkan imbauan agar pejabat muslim tak mengucapkan salam agama lain."

You can share this post!

Related Posts
Loading...