Soal Kasus Anak Bupati Majalengka, Menteri Tjahjo Kumolo: Dia Bisa Diberhentikan dari PNS
Nasional

Anak Bupati Majalengka yang berstatus sebagai PNS diketahui telah menembak seorang kontraktor pada Minggu (10/11) lalu. Menyoroti kasus tersebut Menteri Tjahjo Kumolo pun turut buka suara.

WowKeren - Kasus penembakan yang dilakukan oleh anak Bupati Majalengka, Irfan Nuralam tengah menjadi buah bibir saat ini. Pasalnya, selain memiliki status sebagai anak dari salah satu pejabat daerah, Irfan sendiri adalah seorang aparatur sipil negara (ASN).

Status ASN Irfan inilah yang membuat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo turut menyoroti kasus tersebut. Menurutnya, peristiwa penembakan yang dilakukan kepada kontraktor bernama Panji Pamungkasandi itu bisa membuat Irfan diberhentikan sebagai PNS.

"Bisa diberhentikan, lha jangan dipecat. Beda lho," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (12/11). Namun, pemberhentian Irfan tersebut baru bisa dilakukan setelah ada vonis hakim yang berkekuatan hukum tetap.


Apabila hakim menilai perbuatan anak Bupati Majalengka tersebut merupakan tindak pidana, maka ia bisa diberhentikan sesuai ketentuan di UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. "Tergantung bagaimana keputusan hukumnya, kan itu tindak pidana," jelas Tjahjo.

"Tergantung keputusannya, kalau sanksi PNS enggak ada, kalau semua melakukan tindakan yang melanggar hukum ya dia diproses sesuai keputusan hukum itu," sambungnya. "Seorang kepala daerah pun diberhentikan kalau melanggar hukum, berhalangan tetap, atau mengajukan mundur karena sakit atau apa."

Sebelumnya, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan jika dirinya akan memastikan bahwa anak keduanya tersebut mengikuti proses hukum yang berlaku. "Sebagai keluarga, saya akan menghormati dan mengikuti proses hukum," kata Karna kepada wartawan. "Sebagai warga negara yang taat azas akan selalu siap mengikuti dan menghargai proses hukum."

Insiden yang melibatkan Irfan tersebut bermula pada saat korban menagih uang proyek yang telah dikerjakan pada April 2019. Panji dan anak Bupati Majalengka tersebut sepakat untuk bertemu di sebuah ruko.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait