Calon Kades Ini Saingan Beri Doorprize Dari Mobil Hingga Umrah, Bagaimana Jika Gagal Terpilih?
Nasional

Tiga calon kepala desa di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah mengadakan doorprize bagi warga jika ia terpilih jadi kepala desa. Bagaimana jika ternyata mereka tidak menang?

WowKeren - Berbagai cara dilakukan untuk menarik simpati masyarakat untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi di daerah. Menariknya, calon kepala desa (kades) di Kabupaten Pekalongan ini memilih untuk memberikan doorprize atau undian berhadiah kepada warga agar mereka tertarik untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Tak tanggung-tanggung, tiga calon kades di Desa Rembun, Kecamatan Siwalan, ini berencana untuk menghadiahkan beberapa barang mewah. Hadiah tersebut diantaranya seperti sepeda motor, mobil, dan bahkan paket umroh.

Calon kepala desa nomor urut 1, yakni Kaena menyediakan sembilan sepeda motor baru. Sementara Subeki, calon kepala desa nomor urut dua menyediakan empat buah sepeda motor. Selanjutnya, Nur Hayyi yang merupakan calon kepala desa nomor urut tiga menyediakan hadiah berupa lima sepeda motor, satu unit mobil, dan tiga tiket umrah.

Sementara itu, ada sekitar 4.500 warga desa yang memiliki hak pilih dan berhak untuk mengikuti undian berhadiah itu. Nantinya, hadiah-hadiah tersebut akan diundi jika kades terpilih sudah diumumkan. Harapan para calon, hadiah tersebut dapat menarik partisipasi warga agar memberikan suaranya saat pemilihan kepala desa.


Rusdi (48) salah satu warga sekitar pun mengatakan jika adanya doorprize ini memang menarik warga untuk datang ke TPS. Ia juga mengatakan bahwa calon kepala desa di wilayahnya mengeluarkan doorprize juga supaya dipilih oleh warga.

"Baru ada calon kepala desa membagikan mobil kalau menang," ungkap Rusdi yang dilansir dari Kompas pada Jumat (15/11). "Ini menarik sekali dan membuat antusias warga pergi ke TPS."

Di sisi lain, Nur Hayyi yang menyediakan lima sepeda motor, satu mobil, dan tiga tiket umrah mengaku jika melakukan hal tersebut untuk menarik simpati warga. Namun, ia juga mengaku telah memberi kupon undian kepada para pemilihnya. Dana untuk membeli doorprize tersebut menurutnya didapatkan dari uang pribadi dan juga sumbangan dari saudaranya.

"Uangnya dari pribadi dan sumbangan dari sanak saudara," kata Hayyi kepada wartawan. "Ini semata-semata untuk para pemilih saya yang sudah diberi kupon undian terlebih dahulu."

Meskipun begitu, calon kepala desa tersebut ternyata tak mau rugi. Jika terpilih menjadi kepala desa, maka hadiah tersebut akan langsung diundi. Namun, jika gagal maka dia akan mengembalikan motor dan mobil ke penjual atau diler. "Kalau kalah akan dikembalikan ke diler," tutur Hayyi.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait