Abraham Kevin ‘Indonesian Idol’ Tak Keluar Rumah Selama 4 Bulan Karena Idap Penyakit Ini
WowKeren/Fernando
Selebriti

Abraham Kevin ‘Indonesian Idol’ menceritakan bahwa ia baru berani menghadap publik setelah empat bulan lamanya tak berani keluar rumah karena mengidap penyakit mental ini.

WowKeren - Baru-baru ini jebolan dari ajang pencarian bakat ”Indonesian Idol” tahun 2018, Abraham Kevin membuat pengakuan mengejutkan. Kevin menceritakan soal kesehatannya hingga mengungkapkan bahwa selama ini ia tengah menderita penyakit mental psikosomatis.

Psikosomatis sendiri adalah penyakit ganguan kecemasan yang melibatkan pikiran dan tubuh. Sehingga di mana pikiran si penderita dapat memengaruhi tubuh dan penyakit yang muncul dapat menjadi bertambah parah.

Kevin sendiri mengaku bahwa dirinya sudah menderita sakit ini sejak 7 bulan terakhir. Kendati begitu, Kevin sampai tak berani keluar rumah selama 4 bulan lantaran tak mampu mengontrol rasa cemasnya itu.

"Hari ini gue baru berani keluar,” kata Kevin saat ditemui WowKeren di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (15/11). “Empat bulan sebelumnya gua di rumah dan gue didiagnosa kalau gua kena psikosomatis."

Lebih lanjut, Kevin juga memaparkan bahwa lingkungan dan pekerjaan yang tidak sehat menjadi awal mula dirinya mengidap Psikosomatis. Dan lebih mengejutkannya lagi, pria berusia 19 tahun ini juga mengalami kecemasan saat ia mengikuti audisi “Indonesian Idol”.


“Kalau waktu itu kecemasan-kecemasan ada pasti karena kompetisi,” ungkap Kevin. “Enggak tahu yang gugur hari ini. Tapi enggak separah yang 7 bulan ini. Jadi ini pengalaman baru di hidup gua.”

Lantaran penyakit ini, Kevin sering mengalami gejala fisik seperti jantung berdebar kencang, tangan dan kakinya gemetaran, kemudian penglihatan buram. Kendati begitu, ia memberanikan diri untuk periksa ke dokter.

“Gua beraniin ke dokter karena gua sadar ada yang salah dengan diri gua, karena gua cemas setiap hari," tutur Kevin. "Ya gua enggak tahan aja lawan kecemasan gua. Ya, kata dokter gue nggak kenapa-kenapa. Katanya gua cemas aja dan dia kasih obat, tapi gue enggak minum itu.”

Kevin sampai pergi ke rumah sakit hingga 10 kali dalam kurun waktu satu bulan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya tersebut. Namun dari sekian dokter kejiwaan, Kevin mengaku tak pernah puas dengan saran yang mereka berikan.

“Ya gua ambil kesimpulan kalau gua harus mempelajari diri gua sendiri. Karena kecemasan yang menciptakan diri gua sendiri,” papar Kevin. “Malah kalau gua nyanyi itu kayak rilis emosi, jadi gua bisa salurin emosi gua semua. Gua bisa cerita gua lagi kenapa lewat lagu gua. Jadi ya, musik itu yang bisa sembuhin gua.”

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel