Rencana Ahok Pimpin BUMN Jadi Polemik, Tagar #AhokBikinRusuhNegri Trending
Nasional
Ahok Jadi Bos BUMN

Presiden Jokowi merekomendasikan mantan 'pasangannya' selama menjabat di DKI Jakarta itu sebagai pimpinan BUMN. Pro dan kontra pun mengiringi wacana tersebut, mengingat Ahok memiliki rekam jejak yang cukup kontroversial.

WowKeren - Wacana penempatan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok di kursi salah satu pimpinan Badan Usaha Milik Negara semakin mendekati kenyataan. Yang terbaru, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan posisi Ahok di perusahaan pelat merah akan diumumkan pada Desember 2019 mendatang.

Wacana ini tentu menimbulkan pro dan kontra. Sebagai pengingat, sosok Ahok memang lekat dengan kontroversi terlepas dari berbagai prestasi yang pernah diukirnya. Ahok sendiri menjadi sorotan publik nasional lantaran pernah mendekam di penjara selama dua tahun akibat kasus penodaan agama.


Penolakan ini tak hanya datang dari sejumlah tokoh nasional, sebut saja mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Dalam pernyataan terbarunya, Rizal menyebut penunjukan Ahok sebagai bos BUMN hanya akan menimbulkan masalah baru.

Rizal pun semakin "berat menerima" kehadiran Ahok lantaran sang eks gubernur konon akan ditempatkan di PT Pertamina (Persero). Sebab menurutnya Pertamina merupakan BUMN yang melibatkan hajat banyak orang namun dibayangi sejumlah masalah besar.

"Saya bingung, mengapa Jokowi mencari masalah baru," ungkap Rizal ketika dijumpai di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (15/11). "Masalah sudah banyak, dia tambahin lagi dengan nunjuk Ahok. Karena Ahok tidak punya corporate experience."

Kini penolakan juga digencarkan oleh sejumlah unsur masyarakat lewat berbagai sarana, salah satunya media sosial Twitter. Hal ini terbukti dari meroketnya tagar #AhokBikinRusuhNegri hingga ke posisi keempat Trending Topic Indonesia. Dipantau pada Sabtu (16/11) pukul 12.32 WIB, tagar tersebut telah diramaikan oleh hampir tujuh ribu cuitan terkait.

Rencana Ahok Pimpin BUMN Jadi Polemik, Tagar #AhokBikinRusuhNegri Trending

Twitter

Di sisi lain, penolakan juga disuarakan oleh serikat karyawan yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB). Presiden FSPPB, Arie Gumilar, Ahok merupakan sosok yang kerap berkata lasar dan membuat keributan.

"Kita tahu perilaku Pak Ahok itu kan kata-katanya kasar, sering bikin keributan," terang Arie dilansir Detik Finance pada Jumat (15/11). "Pertamina ini perusahaan strategis, yang menjamin untuk seluruh rakyat dalam supply BBM. Kalo di dalamnya nanti dibikin gaduh gimana bisa maksimal melayani masyarakat."

You can share this post!

Related Posts
Loading...