Pasar Beras di Surabaya Ludes Terbakar, Tindakan Tak Terduga Ini Penyebabnya
Nasional

Kemacetan total terjadi di daerah Wonokromo, Jawa Timur lantaran Pasar Beras Bendul Merisi yang berada di daerah tersebut ludes dilalap si jago merah pada Sabtu (16/11) pagi.

WowKeren - Pasar Beras Bendul Merisi, Surabaya, Jawa Timur dilaporkan hangus dilalap api pada Sabtu (16/11). Peristiwa memilukan yang merugikan puluhan padagang ini diketahui terjadi sekitar pukul 09.30 WIB.

Seorang saksi mata atas nama Yatim yang berada di lokasi saat kebakaran terjadi pun membeberkan apa yang disaksikannya. Menurutnya kebakaran terjadi akibat sejumlah pemulung yang membakar kabel-kabel bekas di sekitar rel kereta api yang berada di belakang Pasar Beras Bendul Merisi.


Menurut Yatim, lokasi itu memang kerap digunakan untuk membakar kabel bekas sehingga pemulung bisa mengambil tembaga di dalamnya untuk dijual kembali. Namun sayangnya api membesar lebih dari yang diperkirakan.

Api lantas menjalar hingga ke parkiran mobil yang berada di sekitar lokasi. Kendaraan-kendaraan itu lantas meledak dan menimbulkan kebakaran yang jauh lebih besar.

Oleh karena itulah beberapa mobil dan warung di sekitar lokasi pun ikut ludes terbakar. Beberapa warga pun terpantau mencoba mengais harapan dengan menyelamatkan barang berharganya. Kendati tak banyak yang bisa diselamatkan, barang-barang tersebut lantas "diungsikan" ke lokasi yang lebih aman.

Kapolsek Wonokromo, AKP Christoper Adhikara Lebang, menyatakan belum ada penaksiran perihal kerugian yang ditimbulkan akibat peristiwa ini. Saat ini pihaknya masih fokus pada menyelidiki penyebab kebakaran.

"Masih kita lakukan penyelidikan. Kita belum bisa memberikan kepastian penyebab api," jelas Christoper, dilansir dari laman Suara Surabaya, Sabtu (16/11).

Saat ini pihak kepolisian pun lebih fokus untuk membantu upaya pemadam kebakaran untuk membasahi lokasi. Diketahui sebanyak sepuluh unit mobil PMK dilibatkan dalam insiden ini. Namun demikian, beruntung tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan dalam kejadian ini.

"Sementara masih kita lakukan pembasahan oleh PMK," katanya. "Alhamdulillah sampai sejauh ini tidak ada korban."

Kendati demikian, lalu lintas di sekitar lokasi pun dilaporkan macet total. Kasubnit Turjawali Lantas Polrestabes Surabaya, Ipda Isbandi, menyatakan akan ada pengaturan lalu lintas di beberapa titik demi mengurai kamcetan.

"Lalu lintas yang sebelumnya macet, yang dari arah Wonokromo ke Bundaran Waru," terang Isbandi. "Saat ini berangsur-angsur mulai terurai seiring pemadaman api di Pasar Beras Bendul Merisi."

You can share this post!

Related Posts
Loading...