Rina Nose Akhirnya Beberkan Proses Pernikahan Yang Selama Ini Terkesan Ditutupi
Selebriti
Pernikahan Rina Nose

Rina Nose akhirnya secara blak-blakan membeberkan prosesi pernikahannya di Belanda pada Oktober lalu yang selama ini terkesan ditutup-tutupi dan dirahasiakan.

WowKeren - Rina Nose telah resmi menikahi Josscy Aartsten di Amsterdam, Belanda pada Selasa (22/10) lalu. Setelah lama bungkam dan terkesan merahasiakan pernikahannya denga Josscy, Rina akhirnya secara blak-blakan membeberkan prosesi pernikahannya.

Hingga kini pernikahan Rina dan Josscy rupanya masih menimbulkan berbagai pertanyaan dari publik. Banyak masyarakat yang masih curiga terkait pernikahan Rina yang diduga melakukan upacara pemberkatan nikah di Belanda.

Namun wanita yang kerap membawakan acara dengan nyindhen di "Opera Van Java" ini membeberkan jika prosesi yang dimaksud publik tersebut bukanlah upacara pemberkatan. Rina menunjukkan jika prosesi tersebut merupakan prosedur yang dilakukan petugas catatan sipil di Belanda sebelum pernikahan secara agama dilakukan.

Hal ini dibagikan melalui kanal YouTube Rina dan Josscy yang bernama RinaJosscy pada Sabtu (16/11). Ternyata Rina melakukan dua prosesi pernikahan yaitu secara negara dan agama.

Pertama, Rina dan Josscy resmi menjadi suami istri secara negara terlebih dahulu dengan dituntun oleh seorang pria setengah baya bernama Paul. Paul lantas membimbing ucapan janji yang dilakukan Rina dan Josscy sebelum mereka akhirnya disahkan menjadi pasangan suami istri.


"Jossy Vallazza Aartsen, anda akan menjadikan (Nurina Permata Putri) sebagai istri yang sah di mata hukum," kata Paul saat membimbing pasangan ini dalam video yang diunggah channel YouTube Rina Josscy, Sabtu (16/11). "Anda akan melakukan semua tugas pernikahan yang terhubung dengan hukum Belanda. Bagaimana Anda menjawabnya?"

"Ya!," ujar Josscy dengan mantap. Pernyataan Paul kemudian diulang kembali kepada Rina yang juga memberikan jawaban serupa dan menyanggupi tugasnya sebagai seorang istri.

"Saya pun telah melakukan tugas saya sebagai pegawai negeri sipil," ujar Paul. "Sertifikat telah ditandatangani, sehingga mereka bisa meneruskan upacara pernikahan selanjutnya."

Ternyata, di negeri Kincir Angin tersebut mewajibkan pasangan yang akan menikah harus melakukan pernikahan secara negara dulu sebelum secara agama. "Kalau di Netherland, pernikahan itu harus dilakukan sebelum secara agama," ujar seorang wanita yang hadir dalam pernikahan Rina dan Josscy.

Setelah menjalani pernikahan sipil di Belanda, acara lantas dilanjutkan dengan prosesi akad nikah secara Islam. Josscy pun harus berusaha keras menggunakan bahasa Indonesia untuk mengucapkan akad.

Rina pun terlihat terharu dan sesesali terlihat mengusap air matanya saat sang suami mengucapkan ijab kabul. Pernikahan wanita usia 35 tahun dengan sang suami akhirnya dinyatakan sah di mata hukum maupun agama.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts