Kakek 15 Cucu Ini Wisuda Di Usia 85 Tahun, Ternyata Ini Motivasinya
SerbaSerbi

Seorang kakek yang berumur 85 tahun dan memiliki cucu sebanyak 15 ini berhasil diwisuda di tingkat Strata 1. Ternyata, inilah motivasi yang membuat kakek tersebut semangat menuntut ilmu.

WowKeren - Pendidikan merupakan hal yang penting dan tak mengenal umur. Prinsip tersebutlah yang kiranya dipegang oleh seorang kakek berusia 85 tahun yang belakangan ini berhasil diwisuda pada tingkatan Strata 1 (S1).

Kakek bernama La Ode Muhamad Sidik tersebut diketahui telah menempuh pendidikan di Program Studi Bahasa dan Satra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Buton. Meski menempuh pendidikan S1 di usia senja, kakek yang mengangkat judul skripsi "Mengkaji Sastra Indonesia dalam Puisi Wolio Buton" ini berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,5.

Ternyata, ucapan sang anaklah yang menjadi motivasi La Ode menyelesaikan kuliah S1 hingga tamat. Ia mengatakan bahwa almarhum anak pertamanya berpesan agar La Ode jangan hanya menempuh pendidikan sebatas tingkat diploma tiga.


“Motivasi saya kuliah karena anak-anak saya," ungkap La Ode yang dilansir Kompas pada Selasa (19/11). "Anak saya yang pertama almarhum yang mengatakan jangan hanya sampai diploma tiga. Saya bilang bisa saja asal diterima, jadi anak saya yang mengurusnya (masuk perguruan tinggi)."

Berkuliah di waktu senja membuatnya harus satu kelas bersama anak mahasiswa dengan umur yang terpaut jauh darinya. Namun, kakek yang sudah memiliki 15 cucu dan tiga orang cicit ini mengaku tidak minder maupun merasa malu.

Tak hanya itu, dosen yang selama ini mengajarinya di perkuliahan ternyata merupakan anak didiknya waktu SMP. “Memang saya gurunya, tapi saya menjaga wibawa mereka. Jadi dalam dialog ala kadarnya saja supaya teman mahasiswa yang muda tidak ada pikiran yang tidak sehat,” tuturnya.

Sementara itu, putri kedua La Ode Muhamad Sidik yakni Wa Ode Ronawati mengaku sangat bangga atas keberhasilan ayahnya yang bisa menyelesaikan kuliah hingga S1. Keberhasilan ayahnya mendapat gelar sarjana itu pun menjadi motivasi bagi dirinya dan juga keluarga untuk terus melanjutkan pendidikan. “Bangga dan senang karena sisa usianya yang sudah senja dan sakit-sakitan masih bisa meraih mimpinya,” ungkap Wa Ode saat ditemui di rumahnya, di Kota Baubau.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait