Betrand Peto Minum ASI Sarwendah di Usia 14 Tahun, Pakar Laktasi: Tujuannya Apa?
Instagram/fdphotographyfamily
Selebriti

Pakar Laktasi ikut memberikan komentar soal Betrand Peto yang belakangan menjadi sorotan usai ikut meminum ASI Sarwendah. Sudah memasuki usia remaja, adakah manfaat ASI untuk Betrand Peto?

WowKeren - Baru-baru ini putra angkat Ruben Onsu dan Sarwendah, Betrand Peto menjadi sorotan di media sosial. Betrand yang sudah berusia 14 tahun ternyata ikut mengonsumsi ASI (Air Susu Ibu) dari Wendah. Betrand meminta sendiri untuk minum ASI lantaran belum pernah merasakannya sejak kecil.

Permintaan Betrand ini pun dikabulkan oleh Wendah dan Ruben. Mantan member Cherry Belle itu mengaku menyiapkan freezer khusus ASI untuk Betrand. Ia mengaku belum bertanya kepada dokter tentang manfaat ASI untuk Betrand yang sudah masuk usia remaja.

Lantas seperti apa komentar pakar soal keputusan Wendah untuk memberikan ASI kepada Betrand? Dilansir Detik Health, pakar Laktasi bernama dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, Satuan Tugas ASI IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) mempertanyakan keputusan Wendah ini.


"Tujuannya apa (memberikan ASI kepada remaja)? Karena kalau bayi kan jelas tujuannya," kata dr. Wiyarni Pambudi dilansir Detik Health, Selasa (19/11). Lebih lanjut, dr. Wiyarni Pambudi menjelaskan manfaat-manfaat dari pemberian ASI dari ibu kepada bayiynya.

"Pertama, ASI itu untuk nutrisi. Kedua proses menyusui itu untuk kebutuhan mental emosional, ada bonding antara bayi dan ibu," lanjut dr. Wiyarni Pambudi. "Ketiga, fungsi stimulasi sensorik dan motorik. Ini fungsi vital yang harus dimiliki bayi untuk tumbuh kembangnya. Kalau untuk remaja atau dewasa saya enggak paham fungsinya apa."

Lebih lanjut, dr. Wiyarni Pambudi menjelaskan bahwa sejauh ini penelitian terkait manfaat ASI baru dilakukan kepada bayi. Ia menyebutkan bahwa ASI bagi bayi diberikan untuk memberikan efek jangka panjang berupa pencegahan penyakit diabetes, hipertensi hingga kanker.

"Jadi pemberian ASI pada bayi ada efek jangka panjang untuk cegah diabetes, hipertensi, serangan jantung dan kanker ketika seseorang dewasa," tegas dr. Wiyarni Pambudi lagi. "Jangan kita balik. Orang yang udah punya diabetes, hipertensi dan parkinson minum ASI lalu sembuh, bukan seperti itu."

(wk/nur2)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait