Hadiri Milad Muhammadiyah, Mendikbud Nadiem Janjikan Ini Untuk Pendidikan
Nasional

Mendikbud Nadiem Makarim turut menghadiri acara Milad ke-107 Muhammadiyah di Yogyakarta, Senin (18/11). Dalam acara tersebut mantan bos Gojek itu memberi sambutan yang mana isinya berisi janji untuk memajukan pendidikan Indonesia.

WowKeren - Muhammadiyah menggelar Milad ke-107 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Bantul, DIY, Senin (18/11). Dalam acara tersebut, sejumlah tamu penting diundang, seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Dalam milad yang mengambil tema "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa". Nadiem mengatakan komitmennya untuk memerdekakan unit pendidikan untuk merangsang munculnya inovasi baru di sektor pendidikan.

"Sesuai arahan Presiden dan misi kami di Kemdikbud adalah untuk memerdekakan unit pendidikan, memerdekakan guru pendidikan, dan memerdekakan murid pendidikan," kata Nadiem dalam sambutannya.

Nadiem mengatakan jika inovasi-inovasi di semua unit pendidikan tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya kemerdekaan. “Itu komitmen saya,” kata Nadiem.

Mantan bos Gojek itu mengaku ini terus mencanangkan dan memajukan pendidikan karakter untuk mencetak pemimpin bangsa di masa mendatang. Meski demikian pendidikan karakter tidak bisa sekadar diajarkan, melainkan harus dicontohkan.


"Pendidikan karakter itu tidak bisa diajarkan," lanjutnya. "Pendidikan karakter yang terbaik itu harus dipercontohkan dan dikerjakan."

Tak hanya itu, dalam perayaan Milad tersebut, Nadiem juga memuji peran salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia itu dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan. "Saya berterima kasih karena Muhammadiyah telah mengambil peran ini semua jauh sejak Indonesia, bahkan sejak Indonesia belum merdeka," katanya.

Menurutnya, Muhammadiyah berperan penting karena telah mendirikan puluhan ribu lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD). Indonesia sendiri tak akan bisa maju tanpa adanya PAUD yang baik.

"Banyak orang tidak memahami betapa pentingnya peran PAUD dalam pendidikan masyarakat, terutama pendidikan karakter," pungkasnya. " Dari situlah, masa-masa emas di mana kita membentuk pemimpin masa depan kita."

Sekedar informasi, acara Milad ke-107 Muhammadiyah tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting. Tak hanya Menteri Muhadjir dan Nadiem, adapula mantan Menteri Pertahanan Ryamizard Riacudu dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X yang juga hadir dalam acara ini.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait