Mantan Idol Ini Beber Seluruh Proses Pembuatan Album K-Pop Dari Awal Hingga Akhir
Youtube/웨이랜드 WayLand
Musik

Mantan idol ini menunjukkan kepada penggemar seluruh proses pembuatan album melalui vlog-nya. Dia menjelaskan bahwa ada banyak pekerjaan dan usaha yang dilakukan untuk membuat album untuk grup K-Pop.

WowKeren - Mantan anggota Crayon Pop, Way baru-baru ini menunjukkan kepada penggemar seluruh proses pembuatan album melalui vlog-nya. Dia menjelaskan bahwa ada banyak pekerjaan dan usaha yang dilakukan untuk membuat album untuk grup K-Pop. Dia memberikan penjelasan rinci dari tahap awal hingga rilis dan showcase album.

Way pertama kali menjelaskan bahwa grup harus memilih konsep album serta memilih lagu yang cocok dengan album. Untuk perusahaan besar atau perusahaan dengan grup idola senior, mereka biasanya memiliki simpanan lagu untuk grup lain. Untuk perusahaan baru, mereka biasanya harus bertanya atau memposting pemberitahuan untuk menerima lagu.

Terkadang, grup mungkin menerima lagu yang perlu disusun sedikit berbeda. Sebagai contoh, jika grup memiliki 10 anggota, mereka dapat meminta untuk memperpanjang melodi agar sesuai dengan jumlah anggota. Contoh lain yang dia berikan adalah mengubah lagu boy grup menjadi lagu girl grup dan sebaliknya.

Produser lagu biasanya akan datang ke tempat rekaman dan bekerja dengan grup serta teknisi untuk memilih rekaman terbaik dan disatukan menjadi lagu. Biasanya setiap anggota akan menyanyikan seluruh lagu melalui dan memutuskan anggota mana yang akan mendapatkan bagian mana. Keputusan ini dapat dibuat oleh perusahaan, produser, atau anggota itu sendiri.

Setelah perekaman selesai, lagu harus melalui proses mixing dan mastering agar selesai secara resmi. Tim produser kemudian akan membuat kontrak dengan distributor lagu yang akan membantu merilis musik ke situs musik seperti Melon dan Genie. Mereka juga membantu dalam memilih tanggal mana untuk merilis lagu dengan membandingkan tanggal rilis artis lain sehingga tidak tumpang tindih.


Langkah selanjutnya adalah membuat koreografi untuk lagu tersebut. Mereka akan mengirim lagu mereka ke tim koreografi dan memilih tim yang paling cocok dengan lagu tersebut. Setelah grup mendapatkan koreografi, selanjutnya adalah produksi kostum.

Sebelumnya, tim akan membeli pakaian yang dijual di pasaran. Tetapi saat ini, tim kebanyakan membuat kostum mereka sendiri. Seorang desainer menggambar sketsa sesuai dengan konsep dan biasanya membuat 4-5 pakaian yang berbeda. Selanjutnya adalah syuting MV untuk album. Perusahaan akan memberikan konsep kepada tim produksi dan mereka akan membuat garis besar tentang bagaimana MV akan diambil.

Setelah MV, sekarang saatnya untuk memproduksi album. Tidak perlu untuk langkah ini jika ini adalah album digital, tetapi jika ini adalah album yang sebenarnya maka membutuhkan waktu untuk membuat jaket album, photo card, tiket fansign album dan lain-lain.

Sesudah itu, waktunya untuk beriklan ke program musik, radio, program acara untuk membuat penampilan. Tim produksi akan membuat album PR untuk didistribusikan kepada produser acara sehingga mereka dapat memutuskan apakah grup tersebut cocok untuk tampil di acara mereka.

Terakhir adalah mempersiapkan showcase dan merilis lagu yang sudah selesai. Sangat sulit untuk memesan lokasi showcase tidak peduli seberapa terkenalnya grup tersebut. Hal ini pembookingan tempat hanya dilihat dari masuknya pemesanan. Ini juga merupakan ide bagus untuk merilis lagu setelah showcase.

Way kemudian mengatakan bahwa ada banyak idol yang tidak dikenal dan telah melalui semua kesulitan membuat album tanpa pengakuan atas upaya mereka. Dia berharap semua orang bisa memahami semua pekerjaan yang harus dilakukan untuk menciptakan satu album dan untuk mendukung semua idol di luar sana.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru