Banyak Dipakai Jaksa Nakal Peras Proyek Pemerintah, Mahfud MD Bakal Bubarkan TP4
Nasional

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD telah membuat kesepakatan dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk membubarkan TP4 yang dianggap sudah tak fungsional.

WowKeren - Pemerintah akan segera membubarkan Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan (TP4) serta TP4 Daerah. Adapun rencana itu telah disepakati antara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

"Satu hal yang agak substansi tadi," kata Mahfud di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selatan, Rabu (20/11). "Ada kesepakatan bahwa TP4 dan TP4D akan segera dibubarkan."

Adapun pembubaran tersebut bukan tanpa alasan. Ketua Komisi III DPR Herman Herry menyatakan pihaknya juga sudah menyoroti agar program yang dibuat pada era Jaksa Agung HM Prasetyo itu segera dievaluasi oleh ST Burhanuddin.

"TP4 dengan segala dampak baik dan buruknya sudah dibicarakan Komisi lll saat raker dengan Jaksa Agung beberapa minggu lalu," kata Herman dilansir Okezone, Kamis (21/11). "Rekomendasi Komisi lll, TP4 harus dievaluasi kembali oleh Jaksa Agung."


Herman menuturkan bahwa dirinya telah banyak mendapatkan laporan berupa keluhan dari masyarakat. Diduga, TP4 telah dijadikan sebagai alat pemerasan pada proyek pemerintah oleh oknum jaksa nakal.

"Banyak keluhan dan informasi dari masyarakat bahwa TP4 seringkali dipakai oleh oknum-oknum jaksa nakal," jelas Herman. "Untuk dijadikan alat pemerasan pada proyek-proyek pemerintah."

Sementara itu, Mahfud menyebut bahwa TP4 sudah tidak difungsikan sebagaimana mestinya. Saat awal mula dibentuk, TP4 diharapkan bisa membantu pemerintah daerah membuat program agar tidak terlibat praktik korupsi.

Namun seiring berjalannya waktu, program ini justru disalahgunakan. "Ketika kepala daerah ingin membuat program pembantuan, lalu minta semacam persetujuan sehingga seakan-akan sudah bersih, tapi ternyata tidak bersih," kata Mahfud.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait