Landasan Pacu Mengelupas, 6 Penerbangan di Adisutjipto Terpaksa Dialihkan
Nasional

Akibat perbaikan pada landasan pacu yang mengalami pengelupasan pada Jumat (29/11) pagi, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD juga ikut terkena imbasnya.

WowKeren - Kegiatan operasional Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta sempat terganggu pada Jumat (29/11) pagi. Adapun hal itu disebabkan karena adanya perbaikan pada landasan pacu yang mengalami pengelupasan sejak pukul 07.00 pagi.

General Manager PT angkasa pura 1 Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama menjelaskan bahwa sebenarnya pihak Angkasa Pura tengah melakukan perawatan atau overlay di malam harinya. Namun, di pagi hari justru terjadi pengelupasan landasan.

"Jadi kami baru malam pertama melaksanakan overlay (perawatan)," kata Pandu dilansir Republika, Jumat (29/11). "Nah, tadi pagi ada pengelupasan (landasan) sehingga langsung kami closed karena harus kami perbaiki."


Perbaikan landasan pacu tersebut berimbas pada pengalihan sejumlah penerbangan. Enam penerbangan harus dialihkan ke bandara lain yang bukan tujuan sebenarnya. Adapun pesawat-pesawat tersebut dialihkan ke Surabaya dan Solo. "Yang terdampak memang ada sekitar enam pesawat kalau tidak salah. Enam pesawat yang divert ke Surabaya dua, ke Solo empat," jelas Pandu.

Meskipun sudah dilakukan perbaikan, namun aspal yang mengelupas belum bisa langsung dipakai. Pandu menuturkan bahwa usai perbaikan masih memerlukan waktu sekitar satu setengah jam untuk proses pendinginan. "Aspal kan butuh pendinginan. Dari tadi jam 7 sudah closed. Jam 9.30 WIB rencananya kami buka lagi," imbuhnya.

Akibat pengelupasan landasan pacu ini, menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD juga sempat terkena imbasnya. Agendanya untuk mengisi kuliah umum di Universitas Trisakti Jakarta menjadi terganggu.

"Terimakasih infonya, saya nunggu di dalam pesawat selama, 3,5 jam lebih untuk terbang. Acara saya di Univ. Trisakti untuk Studium Generale jam 9.20 dalam rangka dies natalis ke 56 tak terkejar lagi," tulis Mahfud melalui akun Twitter resminya, Jumat (29/11). "Allah jua yang menentukan jalannya jadwal yang direncanakan manusia. Semoga ada hikmahnya."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru