Dituduh Korupsi, Ketua Panitia SEA Games 2019 Filipina Justru Tantang Balik Presiden Duterte
Dunia

Presiden Filipina menduga adanya praktek korupsi yang terjadi di SEA Games 2019. Mendengar itu, Ketua Panitia SEA Games 2019 Alan Cayetano pun tak terima dan menantang balik pemerintah.

WowKeren - Penyelenggaraan SEA Games 2019 di Filipina tengah dirundung sejumlah persoalan. Mulai dari makanan, infrastruktur penunjang, hingga transportasi yang dinilai kurang layak.

Masalah ini bahkan membuat Presiden Filipina Rodrigo Duterte sempat membahas tentang adanya dugaan korupsi di SEA Games 2019 bersama Senator Christopher Go. "Untuk sekarang, kami sedang memantau dan melihat apakah ada penyimpangan," ungkap Go. "Bila ada korupsi, kami akan melihat hal tersebut dan mengumpulkan laporan."

Mendengar pernyataan tersebut, Ketua DPR sekaligus Ketua Panitia Penyelenggaraan SEA Games 2019 Filipina Alan Cayetano justru menantang balik pemerintah Filipina. Ia mengaku bersedia menghadapi penyelidikan terkait tuduhan korupsi dana penyelenggaraan multicabang terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

"Datang tanggal 12 Desember. Minta pertanggung jawaban padaku," ujar Alan dilansir The Manila Times. "Minta pertanggung jawaban panitia penyelenggara SEA Games. Saya tidak akan bersembunyi. Saya akan menghadapi senat dan ombudsman."


Bahkan dalam sebuah wawancara di Club Filipino di San Juan City, Alan juga mengatakan akan membuka kedok orang-orang yang bertanggung jawab terkait masalah tersebut. "Saya siap untuk penyelidikan setelah SEA Games," katanya. "Untuk orang-orang di belakang yang menyebarkan berita palsu, bersiaplah juga karena saya akan membuka kedok Anda."

Menurut laporan Financial Times, para atlet yang berlaga di ajang bergengsi tersebut tidak mendapat pelayanan yang layak. Mereka tidak mendapatkan hotel untuk menginap, sehingga terpaksa harus tidur di lantai sebuah gedung beramai-ramai.

Parahnya lagi, di beberapa venue termasuk Stadion Rizal Memorial Manila yang seharusnya dijadikan tempat pertandingan sepak bola putra, justru belum selesai direnovasi pada saat acara pembukaan semakin dekat.

Karena sejumlah masalah inilah, tak heran jika sang tuan rumah kerap mendapat hujatan dari warganet karena dinilai kurang siap dalam menyelenggarakan event besar ini. Meski begitu, Menpora Zainudin Amali dengan bijak meminta agar masyarakat Indonesia tak ikut dan berhenti menghujat Filipina.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait