Birthday Spotlight: Happy Chanyeol Day
Selebriti

Chanyeol merayakan ulang tahunnya yang ke-27 (28 tahun menurut hitungan Korea) pada 27 November lalu. Simak perjalanan karir pelantun 'Obsession' tersebut lewat Birthday Spotlight pekan ini.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, idol populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Chanyeol EXO.

Chanyeol merayakan ulang tahunnya yang ke-27 (28 tahun menurut hitungan Korea) pada 27 November lalu. Pemilik nama asli Park Chanyeol itu sempat merayakan ulang tahunnya kali ini dengan menggelar pesta ultah bersama sekitar 800 penggemar. Simak perjalanan karir Chanyeol mulai debut hingga kini!

(wk/dewi)

1. Pra Debut


Pra Debut

Chanyeol lahir di Seoul dan bersekolah di SMA Hyundai di Apgujeong, Seoul. Ia memiliki seorang kakak perempuan bernama Park Yoora yang usianya 3 tahun lebih tua darinya. Pada usia 16 tahun, Chanyeol mendaftar di sebuah institusi akting di mana ia berteman dengan P.O Block B.

Chanyeol menjadi trainee SM Entertainment setelah meraih posisi kedua di ajang Smart Model Contest 2008. Saat masa training, ia mulai fokus pada rap. Sebelum debut sebagai member EXO, Chanyeol sempat tampil di video musik "HaHaHa Song" milik TVXQ pada 2008 serta "Genie" versi Jepang milik Girls' Generation pada 2010.

2. Debut


Debut

Chanyeol secara resmi diperkenalkan kepada publik sebagai member EXO-K pada 23 Februari 2012 dan EXO debut dengan merilis mini album "MAMA" pada 8 April 2012. EXO-K menjalani kegiatan promosi selama kurang lebih dua bulan, namun lagu debut mereka yang berjudul sama kurang mendapat tanggapan hangat dari publik.

Meski begitu, baik EXO-K maupun "grup kembaran" mereka, EXO-M, meraih hasil yang sangat baik dalam penjualan album fisik di mana mini album "MAMA" versi Korea dan Mandarin terjual sekitar 500 ribu copy di 2012. EXO juga menjalani masa hiatus yang cukup panjang sebelum mereka comeback dengan full album pertama yang berjudul "XOXO".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Album "XOXO" memuat title track berjudul "Wolf" yang mengantarkan EXO meraih piala kemenangan pertama mereka di acara musik. Chanyeol dan kawan-kawan membawa pulang trofi "Music Bank" pada 14 Juni 2013.

Pada 5 Agustus 2013, EXO merilis album repackage berjudul "Growl" di mana title track-nya sukses menjadi mega hits dan membuat mereka menjadi boy grup nasional. "Growl" juga berjasa memberikan EXO beberapa trofi Daesang dari ajang penghargaan Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards serta Seoul Music Awards.

Dan lewat album "Growl" pula EXO dinobatkan sebagai million seller dan sukses menghidupkan kembali pasar album fisik yang sempat lesu. EXO juga menjadi penyanyi pertama di Korea Selatan yang berhasil menjual satu juta copy album dalam 12 tahun.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada Oktober 2013, Chanyeol tampil di acara "Laws of the Jungle" di Micronesia serta kembali lagi pada 2015 di mana ia juga menciptakan lagu soundtrack berjudul "Last Hunter" untuk acara tersebut. Pada 2014, Chanyeol menjadi salah satu cast tetap di acara "Roommate".

Pada 2015, Chanyeol debut sebagai aktor di film "Salut d'Amour", juga menjadi pemeran utama di web drama "EXO Next Door". Di tahun berikutnya, Chanyeol membintangi film Tiongkok berjudul "So I Married an Anti-Fan" di mana ia beradu akting dengan Mabel Yuan. Masih di 2016, Chanyeol berkolaborasi dengan Punch di single "Stay With Me" yang merupakan soundtrack serial "Goblin" dan lagu tersebut meraih posisi ketiga di Gaon Digital Chart 2016.

Pada 2017, Chanyeol beradu akting dengan Jung Kyung Ho di serial "Missing 9" dan mendaftarkan dirinya sebagai produser musik dengan nama LOEY. Pada 2018, Chanyeol membintangi serial "Memories of the Alhambra" di mana ia berperan sebagai adik Park Shin Hye.

Di 2018 pula Chanyeol dan Sehun merilis single "We Young" yang menjadi cikal bakal terbentuknya duo EXO-SC. Pada 2019, Chanyeol merilis single solo berjudul "SSFW" dan sebagai duo EXO-SC, ia merilis mini album pertama berjudul "What a Life" Juli lalu.

5. Kontroversi


Kontroversi

September lalu, Chanyeol menjadi sorotan netizen gara-gara fotonya bersama Lee Jong Hyun yang diambil saat Lee Jong Hyun hendak menjalani wajib militer pada Agustus 2018. Chanyeol dikritik akibat kedekatannya dengan Lee Jong Hyun di mana mantan personel grup band CN Blue itu diduga ikut terlihat dalam grup chat Jung Joon Young.

Chanyeol kembali mendapat kritikan saat dirinya menunjukkan dukungan untuk Zico yang baru saja merilis album solo dengan mempromosikannya di Instagram. Chanyeol lagi-lagi disorot karena sebelumnya, Zico mengaku pernah melihat isi ponsel Jung Joon Young yang diduga berisi video rekaman seks ilegal.

Belum selesai, baru-baru ini netizen juga mengkritik Studio NGG yang merupakan proyek kolaborasi antara Chanyeol dan produser MQ. Netizen berang usai menonton salah satu video di mana MQ dinilai bersikap tak sopan. Bersama Chanyeol dan staf lainnya, ia akhirnya meminta maaf.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Selain beraktivitas bersama EXO, Chanyeol juga aktif menjalani kegiatan bersama EXO-SC di mana pada 12 Januari 2020 mendatang, duo tersebut akan tampil di ajang K-JOY Music Festival yang siap digelar di Impact Arena Muangthong Thani, Bangkok, Thailand.

EXO-SC juga diyakini akan kembali merilis album tahun depan, mengingat 2020 akan menjadi tahun di mana para personel EXO disibukkan dengan kegiatan individu serta subunit. Chanyeol sendiri juga aktif menjadi brand ambassador Acqua Di Parma serta sesekali hadir di event yang dihelat brand tersebut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru