Wanita Ini Nangis Minta Tolong Jokowi Tanahnya Dihargai Rp 18 Ribu Per Meter
Nasional

Wanita asal Kandis, Kabupaten Siak, Riau mendadak viral usai menangis dan meminta tolong Presiden Jokowi karena lahannya dieksekusi untuk jalan tol dan dihargai hanya Rp 18 ribu per meternya. Merespon hal ini, Gubernur Riau pun akan menelusuri masala

WowKeren - Seorang wanita menangis histeris lantaran lahannya yang dieksekusi oleh pemerintah untuk jalan tol dihargai sangat murah. Video yang merekam wanita bernama Eseleng Lewa yang menangis dan meminta tolong kepada Presiden Joko Widodo itu kemudian mendadak viral di media sosial.

Diketahui jika kejadian tersebut terjadi di daerah Kandis, Kabupaten Siak, Riau. Dalam video itu dapat dilihat jika Eseleng mengenakan kaos berwana pink tengah meratap saat petugas Pengadilan Negeri Siak yang dikawal ratusan personel polisi saat mengeksekusi lahan sawitnya seluas 5 hektar dengan harga yang tidak wajar.

"Harga tanah saya dihargai Rp 18 ribu per meter. Bapak bapak sudah lihat ini dekat jalan umum," ujarnya dalam video tersebut. "Ada yang lahannya dibayar Rp 253 ribu permeter, tapi saya Rp18 ribu."


Merespon video yang viral tersebut, Gubernur Riau Syamsuar mengaku akan melakukan pengecekan terkait informasi soal harga ganti rugi lahan yang tidak sesuai tersebut. "Kita lihat dulu dari mana warga itu tidak puas. Kita akan cek dulu," katanya, Sabtu (30/11).

Terkait permasalahan ganti rugi lahan di daerah Kandis, Syamsuar mengaku jika Pemerintah Provinsi Riau sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak berwenang termasuk pemerintah pusat. "Untuk ganti rugi di Kandis, memang sudah ada beberapa lahan yang diganti rugi dan sesuai prosedur," terangnya. "Mengenai harga yang di Kandis kemarin itu nanti akan dicek lagi."

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana Jaya mengatakan akan melihat secara rinci apa yang terjadi terkait harga ganti lahan milik warga Rp18.000 per meter. "Nanti saya tanyakan ke pihak PU (Parsarana Umum) dan instansi terkait mengenai harga ganti rugi di Kandis itu," kata Yan.

Sekedar informasi, tol Pekanbaru-Dumai dibangun sebanyak 6 seksi. Salah satu seksi rute tol berada di Kandis. Tol ini memiliki panjang 131 KM dan ditargetkan selesai tahun ini. Jika beroperasi, tol ini dapat memangkas waktu yang biasa 6 jam menjadi 2 jam.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait