PDIP Pertanyakan Motif Anies Hadiri Reuni 212 Meski Sudah Dilarang MenPAN RB
Nasional

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menilai bahwa kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke acara reuni 212 adalah untuk menjaga suara dari para pendukungnya.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut menghadiri acara reuni akbar yang diselenggarakan oleh PA 212 pada Senin (2/12) di Monas, Jakarta Pusat. Terkait hal ini, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ikut memberikan tanggapan.

Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari mempertanyakan motif Anies menghadiri acara tersebut. Sebab menurutnya, kehadiran mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut tak lepas dari kepentingan politiknya di masa depan.

Eva menilai bahwa Anies cukup lihai memanfaatkan momentum untuk kepentingan politik. "Pasti lah untuk 2024. Apalagi dengan adanya teriakan presiden (dari peserta). Dia pasti enggak mau kehilangan kesempatan itu dengan hadir di sana. Ini kepintaran Anies dalam memanfaatkan momentum dan merangkai kata," kata Eva di Jakarta, Senin (2/12).

Eva menegaskan bahwa kehadiran Anies ke acara tersebut dalam rangka menjaga dukungan. "Dia ingin menjaga captive market dia untuk tujuan entah menuntaskan jabatan gubernur entah di masa datang. Kita bisa baca lah. Enggak perlu dianalisis. Dia tahu kalau gerakan itu kan yang menjatuhkan Ahok sehingga dia menang di DKI. Dan itu yang dijaga Anies," tegas Eva.


Lebih lanjut, Eva pun menyesalkan Anies yang tetap datang ke cara tersebut meski sudah dilarang. Diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk hadir di acara tersebut.

"Anies memang bukan ASN, dia political leader, tapi harusnya enggak pakai seragam ASN," tegas Eva. "Mas Tjahjo kan sudah mengimbau ASN tidak terlibat. Tapi ternyata dia pakai simbol ASN untuk terlibat."

Saat hadir di acara reuni 212, Anies berkesempatan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, ia menyinggung soal keadilan dan persatuan. Menurutnya, persatuan akan tercipta jika keadilan telah terwujud dengan baik.

"Tidak ada persatuan tanpa keadilan," kata Anies. "Tanpa keadilan tak mungkin ada persatuan, karena itu keadilan penting. Tanggung jawab kita sekarang ini adalah menghadirkan keadilan."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait