PUPR Gratiskan Jalan Tol Sepanjang 134,5 Km Kala Natal dan Tahun Baru
Nasional

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan tol gratis tersebut terdiri dari tol fungsional alias belum jadi tapi sudah digunakan, dan juga tol yang baru dioperasikan.

WowKeren - Menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan akan menggratiskan beberapa ruas jalan tol. Tak tanggung-tanggung, total panjang jalan tol yang akan digratiskan selama masa liburan mencapai 134,5 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan tol gratis tersebut terdiri dari tol fungsional alias belum jadi tapi sudah digunakan, dan juga tol yang baru dioperasikan. "Kalau fungsional tidak ada tarifnya. Totalnya 134,5 km," tutur Basuki di Gedung DPR pada Senin (2/12).

Selain itu, Basuki juga membeberkan bahwa penerapan kebijakan ini rencananya akan tersebar di sejumlah ruas. Di antaranya adalah jalur yang terintegrasi dengan tol Trans Sumatera, seperti tol Kayu Agung - Palembang - Betung sepanjang 33 km serta tol Pekan Baru - Dumai sepanjang 9,5 km.

Tak hanya itu, ruas tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 66 km serta tol Manado-Bitung sepanjang 26 km juga akan digratiskan pada libur Natal dan Tahun Baru. Basuki juga mengungkapkan bahwa untuk tol Manado, ruas dari Manado menuju Danowundu sudah bisa digunakan.


Tak hanya itu, ada pula ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated sepanjang 36 km. Rencananya, ruas tol tersebut akan diresmikan serta dioperasikan pada minggu ke-2 Desember 2019.

Basuki menyebut bahwa kebijakan di sejumlah ruas tersebut akan mengikuti waktu libur Natal dan Tahun Baru. "Insya Allah gratis nanti sampai selesai liburan Nataru," pungkas Basuki.

Sementara itu, proyek ruas tol layang Jakarta-Cikampek II memang rencananya akan dipakai secara fungsional pada musim liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Untuk informasi, Tol Jakarta-Cikampek II Elevated ini terbentang dari Cikunir hingga Karawang Barat dengan total panjang jalan 36,4 kilometer. Ruas jalan tol ini berfungsi untuk menambah kapasitas jalan tol Jakarta-Cikampek yang saat ini kerap padat.

Menurut General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman, pengemudi bisa melalui rute mulai dari Cikunir KM 10 hingga KM 47 di sekitaran Karawang Barat. "Jadi desainnya cuma sampai Karawang Barat. Jadi dari Cikunir KM 10 sampai KM 47, cuma itu saja. Sekitar 37 kilometer," terang Raddy dilansir detikFinance pada 9 September 2019 lalu.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru