Kursi Wagub DKI Masih Kosong, PKS Bakal Putuskan Akhir Tahun
Nasional

Kursi Wakil Gubernur DKI masih kosong hingga saat ini. Meski begitu, PKS memastikan jika keputusan untuk mengisi kursi DKI 2 ini akan segera di ambil pada akhir tahun 2019 nanti.

WowKeren - Posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga kini masih kosong usai ditinggalkan Sandiaga Uno untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Bahkan pemilihan Wagub yang baru harus terpaksa ditunda lantara kedua partai pengusung Anies Baswedan, PKS dan Gerindra masing-masing mengajukan nama kandidat pengganti Sandiaga.

Meski begitu, masing-masing kandidat dari kedua partai itu masih belum diputuskan siapa yang akan menempati kursi DKI 2 tersebut. Ketua DPRD PKS DKI, Arifin, berharap Desember 2019 ini partainya sudah memutuskan nama cawagub, baik dari partainya maupun Gerindra.

Terlebih, Gerindra mengaku telah menunggu restu PKS untuk mengisi posisi Wagub DKI. "Kita optimistis, mudah-mudahan sebelum akhir tahun sudah ada wagub," ujar Arifin dilansir Kumparan, Rabu (4/12). Sekedar indormasi, PKS telah menyodorkan dua nama yaitu Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu ke DPRD DKI.

Namun, belum sempat dilakukan dilakukan pemilihan Wagub DKI, DPRD DKI periode 2014-2019 berakhir. Lalu Gerindra tiba-tiba datang dan mengajukan 4 nama dari partainya untuk mengisi kursi Sandiaga.


Hal ini dinilai melanggar kesepakatan awal yang menyatakan jika jatah kursi Wagub diberikan untuk PKS. Namun, Arifin mengaku jika partainya masih mengkaji 4 nama cawagub dari Gerindra. Empat nama itu adalah Dewan Penasihat DPP Gerindra, Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra, Ferry Juliantono, Ketua DPP Gerindra, Riza Patria, dan Sekretaris Daerah DKI, Saefullah.

"Terkait dengan 4 nama dari Gerindra itu masih diproses di DPP PKS yang diajukan Gerindra, sedang dipertimbangkan apakah diterima atau ditolak sama sekali," terangnya. "Kalau dua nama dari PKS, sementara sebelum ada perubahan masih tetap."

Sementara itu, anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra, Syarif, meminta rapat paripurna untuk Wagub segera digelar. Syarif berharap di akhir Desember 2019, nama untuk Wagub sudah dapat diputuskan.

"Saya masih optimistis, kok. Optimistis dalam waktu seminggu sebelum tutup akhir tahun dia (PKS) sudah memutuskan. Kalau 2 nama dari Gerindra dan PKS maju, saya yakin itu cepat," ujar Syarif di gedung DPRD DKI, Selasa (3/12). "Harapan, tapi kan tergantung PKS. Ini bola ada di tangan DPP PKS. Kita tunggu saja, lah, ya."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru