Erick Thohir Resmi Copot Dirut Garuda Usai Selundupkan Harley, PKS: Bravo!
Nasional

Direktur Utama PT Garuda Indonesia yang dicopot itu adalah I Gustri Ngurah Askhara Danadiputra atau yang akrab disapa Ari Askhara. PKS memuji langkah tegas Erick dalam membongkar praktik semacam itu.

WowKeren - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akhirnya memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gustri Ngurah Askhara Danadiputra. Pencopotan tersebut berkaitan dengan kasus penyelundupan komponen Harley Davidson dan sepeda Brompton yang dibawa dengan armada Airbus milik Garuda Indonesia.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberi apresiasi terkait hal ini. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengapresiasi langkah Erick yang dinilainya cukup tegas. "Bravo untuk Erick. Jika kasus ini benar, maka bukan hanya masalah etis tapi juga masalah yuridis yang dilanggar," kata Mardani, Jumat (6/12).

Menurut Mardani, kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi semua pejabat agar lebih berhati-hati. Direksi BUMN seharusnya bisa lebih bijaksana mengingat mereka dibayar oleh uang rakyat. "Pimpinan BUMN mestinya punya standar etis dan prudent karena dibiayai oleh uang negara," kata Mardani.


Untuk itu, ia berharap agar Erick dapat mempertahankan sikap tegasnya itu. Bukan hanya Garuda Indonesia, tidak menutup kemungkinan hal serupa juga terjadi di BUMN-BUMN lain. Langkah tegas semacam ini perlu diambil agar negara tidak dirugikan. "Mendorong Erick untuk membongkar praktik-praktik sejenis yang mungkin ada di BUMN lain," ujar Mardani.

Ari Askhara diketahui merupakan pemilik Harley Davidson yang diterbangkan dari Prancis ke Indonesia melalui pesawat Airbus. Motor tersebut ditaksir memiliki harga Rp 200 hingga 800 juta. Ditambahkan dengan dua sepeda Brompton yang turut dikirim. Akibat aksi Dirut Garuda itu, kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 532 juta sampai Rp 1,5 miliar.

"Dengan itu saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan saudara Direktur Utama Garuda," kata Erick di Jakarta Pusat, Kamis (5/12). "Dan tentu proses dari pada ini karena perusahaan publik pasti ada prosedurnya lagi."

Sebelumnya, Erick menuturkan ada kesaksian bahwa Ari lah yang memberikan instruksi untuk mencari sepeda motor mewah tersebut. Menanggapi terlibatnya Ari sebagai "dalang" penyelundupan, Erick pun mengaku akan menelusuri oknum-oknum yang terlibat dalam skandal ini.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait