Beredar Video Garuda Indonesia Angkut Ferrari Usai Penyelundupan Herley, Ini Kata Bea Cukai
Nasional
Dirut Garuda Selundupkan Harley

Usai aksi penyelundupan onderdil motor Harley Davidson dan sepeda Brompton yang dikirim melalui pesawat baru Garuda, kini beredar video yang menunjukan pesawat itu menurunkan mobil Ferrari. Bea cukai pun angkat bicara.

WowKeren - Baru-baru ini, publik digegerkan oleh kasus penyelundupan onderdil motor Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda Indonesia. Usai kasus tersebut, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero), I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara pun dipecat.

Bersamaan dengan ramainya pemberitaan kasus tersebut, tersebar sebuah video yang menunjukan bahwa pesawat Garuda Indonesia membawa sebuah mobil mewah, yakni Ferrari. Video yang berdurasi tujuh detik itu menampilkan dua orang petugas yang tengah memeriksa mobil Ferrari dari dalam bagasi pesawat Garuda.


Hingga saat ini masih belum diketahui di mana lokasi dan jenis pesawat dalam video itu. Namun, Kepala Sub Direktorat Komunikasi dan Publikasi Bea dan Cukai Deni Surjantoro mengatakan bahwa video tersebut tidak diambil di Indonesia. Hal itu, dapat diketahui dengan melihat mobil katering yang juga sempat terekam dalam video tersebut.

"Kita belum memastikan video (dari mana)," ujarnya yang dilansir Sindonews pada Jumat (6/12). "Tapi temuan kemarin enggak ada Ferrari. Untuk bukti itu bisa dilihat pertama mobil katering (dalam video) itu enggak ada di Indonesia. Jadi dilihat dulu, itu di Indonesia apa bukan."

Selain itu, ketika dikonfirmasi, Kepala Sub Direktorat Komunikasi dan Publikasi Bea dan Cukai Deni Surjantoro mengatakan bahwa mobil tersebut bukan temuan barang ilegal, melainkan kargo dalam pesawat tersebut. "Kedua itu mobil itu kargo, bukan (punya) penumpang," ujar Deni pada Jumat (6/12).

Sebelumya, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Heru Pambudi juga sudah memberi keterangan. Ia memastikan bahwa Garuda jenis Airbus A330-900 Neo yang tiba di Jakarta pada 17 November itu hanya membawa barang selundupan berupa Harley Davidson dan sepeda Brompton.

“Enggak ada kok, itu aja yang kita temukan," kata Heru yang dilansir Kumparan pada Jumat (6/12). Aku mesti cek kalau itu (mobil mewah di bagasi Garuda)."

You can share this post!

Related Posts