Tak Ada Perubahan Iklim Ekstrem di 2020, Mahfud MD Sebut Karhutla Bakal Lebih Mudah Diantisipasi
Nasional

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menilai bahwa penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tahun 2019 relatif berjalan dengan baik.

WowKeren - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyatakan bahwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada 2020 mendatang akan lebih mudah ditanggulangi. Hal itu dikatakan Mahfud berdasarkan pantauan iklim yang disebutkan oleh Kepala BMKG Dwikorita.

Berdasarkan apa yang disampaikan Dwikorita, diperkirakan tahun 2020 nanti tidak akan terjadi perubahan iklim yang ekstrem. Oleh sebab itu, karhutla akan lebih mudah diantisipasi.

"Tahun 2020 menurut BMKG Prof Dwikorita Insyaallah tidak akan terjadi perubahan iklim yang ekstrem," kata Mahfud di Kompleks KLHK Jakarta Selatan, Jumat (6/12). "Insyaallah lebih mudah diantisipasi dan kami berdasarkan evaluasi yang dilakukan tadi alhamdulillah cukup bagus."

Sementara itu terkait penanganan karhutla di 2019 ini, Mahfud menyatakan bahwa hal itu sudah berjalan cukup baik. Ia kemudian membandingkan dengan karhutla yang terjadi pada 1997. Di tahun tersebut lahan yang terbakar jumlahnya mencapai jutaan hektare.


"Ini terutama kalau dibandingkan dengan dulu tahun '97 ya," kata Mahfud. "Tahun '97 itu jutaan hektare kita terbakar. Sekarang nggak. Tinggal tadi sekitar 950 hektare."

Tak hanya itu, dibanding dengan negara-negara lain, Mahfud menilai bahwa penanganan karhutla di Indonesia juga lebih baik. Meski karhutla terjadi, namun kondisi di Indonesia masih dalam kategori aman.

"Secara umum kami bersyukur tahun 2019 tertangani dengan baik. Apalagi jika dibandingkan dengan negara lain yang juga punya masalah dengan karhutla," jelas Mahfud. "Indonesia terhitung yang paling aman meskipun kita masih merasakan di sana sini masih ada itu di tahun 2019."

Selanjutnya, Mahfud akan melaporkan hasil rapat tersebut ke Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Dari situ, presiden akan memimpin rapat untuk membicarakan langkah-langkah antisipasi karhutla yang bisa saja terjadi pada 2020 mendatang.

"Minta dukungan saudara-saudara juga untuk kampanye antisipasi ke depan," lanjut Mahfud. "Dan kita akan segera untuk melaporkannya ke presiden untuk nanti seperti biasanya presiden akan memimpin rapat khusus untuk antisipasi karhut yang akan yang mungkin yang bisa saja terjadi di tahun 2020. Itu dari saya cukup."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait