'Terciduk' Angkut Ferrari Usai Selundupkan Harley, Garuda Indonesia Angkat Bicara
Nasional
Dirut Garuda Selundupkan Harley

Sebuah video viral berdurasi 7 detik memperlihatkan proses bongkar muatan pesawat Garuda Indonesia, yakni berupa mobil mewah merk Ferrari berwarna merah. Kekinian Garuda Indonesia pun memberikan klarifikasinya.

WowKeren - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., sedang menjadi pusat perhatian nasional. Pasalnya maskapai pelat merah itu baru saja terciduk mengangkut tiga kendaraan mewah di armada baru milik mereka.

Usai skandal itu terungkap, langsung beredar viral sebuah video yang menunjukkan pesawat Garuda Indonesia membawa mobil mewah merk Ferrari. Publik pun langsung berspekulasi bahwa praktik penyelundupan dengan pesawat Garuda Indonesia sejatinya telah dilakukan sejak lama.


Menanggapi video viral itu, pihak Garuda Indonesia akhirnya angkat bicara. Vice President Corporate Secretary M Iksan Rosan membenarkan bahwa benar ada penerbangannya yang pernah mengangkut mobil mewah itu.

Namun demikian, mobil itu diangkut secara legal dari Jakarta tujuan London dengan pesawat Garuda Indonesia GA086 jenis B-777-300-ER. Mobil itu pun diangkut pada 9 Oktober 2018 lalu.

"Mobil Ferrari tersebut adalah milik seseorang yang menggunakan jasa kargo Garuda Indonesia untuk pengiriman dari Jakarta ke London," kata Iksan di Jakarta, Sabtu (7/12). "Mobil tersebut juga telah melalui prosedur kepabeanan resmi."

Video penurunan mobil yang beredar viral di media sosial itu, imbuh Iksan, diambil ketika muatan diturunkan di Bandara Heathrow London. Menariknya, tak hanya kendaraan mewah, ternyata Garuda Indonesia pun pernah diberi amanah untuk mengangkut hewan langka seperti panda.

"Selain mengangkut mobil dalam penerbangannnya, Garuda Indonesia juga pernah mengangkut Panda," jelas Iksan, dikutip dari laman CNN Indonesia. "Dengan penanganan khusus dari Chengdu, China ke Jakarta pada September 2017 lalu."

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi, juga sudah memberikan tanggapan soal video viral tersebut. Ia memastikan bahwa armada baru Garuda tipe Airbus A330-900 NEO yang tiba pada akhir November 2019 lalu hanya membawa Harley Davidson serta sepeda Brompton ilegal.

“Enggak ada kok, itu aja yang kita temukan," kata Heru yang dilansir Kumparan pada Jumat (6/12). "Aku mesti cek kalau itu (mobil mewah di bagasi Garuda)."

You can share this post!

Related Posts