Kader PAN Ricuh Saling Dorong di Rakernas, Amien Rais Langsung Ajak Istigfar
Nasional

Rapat Kerja Nasional Partai Amanat Nasional (Rakernas PAN) di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, pada hari ini (7/12) sempat diwarnai oleh kericuhan. Para kader PAN terlihat sempat saling dorong.

WowKeren - Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada hari ini (7/12) di Hotel Millenium, Jakarta Pusat. Sayangnya, rakernas ini sempat diwarnai oleh kericuhan.

Sejumlah kader terpantau keluar dari ruangan pleno. Kemudian terjadi keributan di antara para kader tersebut. Tidak jelas apa penyebab keributan tersebut.


Para kader tersebut sempat saling dorong. Selain itu, mereka juga saling tunjuk dan berteriak untuk beradu pendapat. Namun tidak jelas apa yang sebenarnya diperdebatkan para kader PAN itu.

Instruksi untuk menjaga suasana agar tetap kondusif pun terdengar dari pengeras suara. Pihak yang bukan merupakan peserta rakernas diminta untuk keluar terlebih dahulu.

"Keluarkan dulu yang bukan peserta," kata seseorang dari pengeras suara. "Tolong jaga ketentraman."

Kondisi ini akhirnya membuat Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais turun tangan. Amien tampak memasuki ruangan bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan meminta agar para peserta rakernas beristigfar.

"Jadi mari kita istigfar tiga kali. Astagfirullahaladzim," tutur Amien. "Sekarang duduk kembali. Saling bermaafan kita mulai sidang sejernih mungkin di antara saudara sesama partai. Setuju? Duduk."

Kemudian, rakernas pun dilanjutkan secara tertutup. Zulhas selaku Ketua Umum memimpin langsung jalannya rapat tersebut.

"Yang bukan peserta silahkan keluar. Yang pimpin sidang langsung saya Zulkifli Hasan, Ketua Umum," ucap Zulhas. "Yang tidak berkepentingan tolong di luar."

Sementara itu, salah satu kandidat Calon Ketum PAN, Mulfachri Harahap, tidak menjelaskan penyebab kericuhan tersebut. Mulfachri sendiri sebelumnya juga keluar dari ruangan. "Enggak ada apa-apa, biasa saja. Ribut biasa," pungkas Mulfachri.

Di sisi lain, Amien sempat menyindir dukungan tanpa syarat yang diberikan Zulhas kepada Presiden Joko Widodo dalam rakernas tersebut. Menurut Amien, kini terdapat tren politisi yang hanya memikirkan kepentingan duniawi dana hal tersebut juga mendera PAN.

"Sayangnya, mungkin termasuk PAN pikirannya 4-5 tahun mendatang. Dan yang saya betul-betul tidak paham ada tokoh PAN kok takut sama orang gitu loh. 'Aku dukung tanpa syarat'," ujar Amien. "Saudara sekalian, saya menangis."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts