Gibran Anak Jokowi Maju Pilkada, Gerindra: Kalau Diangkat Jadi Menteri Baru Nepotisme
Instagram/najwashihab
Nasional
Wacana Gibran Jadi Wali Kota Solo

Menurut Ketua DPP sekaligus juru bicara Gerindra, Habiburokhman, Gibran Rakabuming harus berjuang sendiri dalam Pilkada meskipun dirinya adalah putra sulung Presiden Jokowi.

WowKeren - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, diketahui berencana maju dalam Pemilihan Wali Kota Solo 2020. Gibran bahkan telah bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mengikuti kontestasi tersebut.

Partai Gerindra lantas mengomentari rencana Gibran tersebut. Menurut Ketua DPP sekaligus juru bicara Gerindra, Habiburokhman, Gibran harus berjuang sendiri dalam Pilkada meskipun dirinya adalah seorang anak Presiden.


"Biarpun anak Presiden ikut Pemilu, mau seleksi partai kemudian di masyarakat tidak gampang," tutur Habiburokhman di Menteng, Jakarta Pusat, pada Minggu (8/12). "Beliau harus berjuang sendiri itu."

Selain itu, Habiburokhman juga menegaskan bahwa keputusan Gibran untuk maju Pilkada merupakan hak setiap warga negara. Sama halnya dengan partai yang hendak mengusungnya dan juga masyarakat yang berhak memutuskan untuk memberikan suara pada Gibran atau tidak.

"Beda halnya dengan Mas Gibran diangkat jadi menteri atau jadi kepala badan atau jadi komisaris, itu kita challenge," jelas Habiburokhman. "Bisa jadi sebagai bentuk nepotisme."

Dengan demikian, masyarakat diminta untuk mengawasi proses pemilihan nanti agar bisa berlangsung sesuai dengan ketentuan perundangan. "Itu sama-sama kita kawal," ujarnya.

Sementara itu, Gibran sempat menemui sejumlah halangan dalam niatnya mengikuti Pilwalkot Solo. Pasalnya, pendaftaran lewat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo telah ditutup.

Meski demikian, Gibran tak patah semangat dan berniat untuk mendaftar lewat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah. DPD PDIP sendiri telah membuka pendaftaran untuk Pemilihan Kepala Daerah 2020 mulai 6 Desember 2019 hingga 12 Desember mendatang.

Informasi ini juga dikonfirmasi oleh salah satu relawan pendukung Gibran, Antonius Yogo Prabowo. Ia mengaku menerima informasi bahwa Gibran akan mendaftar pada hari terakhir. Kendati demikian hal tersebut bisa berubah jika ada kepentingan lain.

"Benar, hari ini pendaftaran hari pertama. Tapi Mas Gibran hari ini tidak berangkat ke Semarang," jelas Antonius pada Jumat (6/12) pekan lalu. "Kalau tidak ada perubahan, dia akan mendaftar ke DPD PDIP Jateng pada Kamis pekan depan."

You can share this post!

Related Posts