Banjir Menerjang Sumsel, 3 Desa Terendam dan 2 Jembatan Putus
Nasional

Hujan deras yang melanda Kabupaten Empat Lawang terjadi selama dua hari berturut-turut. Akibatnya, air Sungai Musi meluap hingga merendam tiga desa di sana.

WowKeren - Sejumlah wilayah di Indonesia mulai memasuki musim hujan. Tak jarang intensitas hujan yang teramat tinggi menyebabkan banjir melanda wilayah-wilayah tersebut.

Seperti yang terjadi di Sumatera Selatan. Akibat banjir bandang yang melanda Kabupaten Empat Lawang, setidaknya ada dua desa yang terendam. Tak hanya itu, meningkatnya debit air sungai juga menyebabkan jembatan yang ada di sana putus.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, menuturkan bahwa jembatan yang putus terjadi di Desa Talang Padang. Insiden tersebut terjadi akibat air meluap dan tanah longsor. Sedangkan di Desa Niur, jembatan ambruk karena hujan angin.


"Laporan yang kami terima jembatan di Desa Talang Padang putus akibat luapan air dan tanah longsor pada Sabtu siang," kata Ansori dilansir Antara, Senin (9/12). "Sedangkan jembatan di Desa Niur ambruk karena hujan bercampur angin deras dengan intensitas tinggi pada Minggu pagi."

Meski demikian, banjir yang terjadi tidak sampai menimbulkan korban jiwa, meskipun tiga desa yakni Desa Baturaja Baru, Baturaja Lama dan Desa Kota Gading Kecamatan Tebing Tinggi menjadi terendam. Hal itu disebabkan karena meluapnya Sungai Musi akibat hujan deras yang melanda kecamatan tersebut selama dua hari berturut-turut.

Adapun ketinggian air bah mencapai satu meter. Meski demikian, air bah diprediksi akan segera surut jika hujan tidak berlanjut. Banjir yang melanda desa itu membuat aktivitas warga menjadi terganggu.

"Banjir masuk ke permukiman sejak Subuh," kata Ansori. "Sehingga aktivitas warga di dua desa itu terganggu, tapi tidak ada korban jiwa."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru