Jokowi Apresiasi Peselancar Filipina Selamatkan Atlet RI: Salam Hormat dari Indonesia!
Nasional

Seorang peselancar asal Filipina Roger Casugay menjadi sorotan publik berkat aksi heroiknya yang rela meninggalkan pertandingan demi menyelamatkan rivalnya dari gulungan ombak.

WowKeren - Beberapa hari lalu warganet sempat dibuat heboh dengan satu momen mengharukan di acara SEA Games. Momen tersebut terjadi ketika seorang peselancar Filipina, Roger Casugay, rela meninggalkan peluang untuk mendapatkan medali emas demi menyelamatkan rivalnya dari sapuan ombak.

Tak lain tak bukan, rivalnya itu adalah atlet asal Indonesia, Arip Nurhidayat. Sontak saja, apa yang dilakukan oleh Roger tersebut menuai decak kagum dari para warganet, khususnya Indonesia.

Ternyata bukan hanya netizen, Presiden Joko Widodo pun ikut berkomentar mengenai hal ini. Melalui akun Instagram resminya, Jokowi menyampaikan apresiasinya kepada Casugay.

"Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay," kata kepala negara di Instagram, Senin (9/12). "Yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia."


Menurutnya, memenangkan kompetisi memang hal yang utama, mengingat para atlet yang datang kesana tentu ingin mendapatkan medali emas sebagai kebanggaan untuk negara. Namun menjaga nilai kemanusiaan adalah di atas segalanya.

"Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi," ujar Jokowi. "Tapi kemanusiaan di atas segalanya."

Seperti diberitakan sebelumnya, pada penyisihan nomor longboard putra di kawasan selancar Monaliza di La Union, Filipina, Jumat (6/12), Casugay memilih meninggalkan pertandingan demi menyelamatkan Arip yang terlepas dari papan selancar dan terbawa ombak. Peristiwa tersebut diabadikan oleh salah satu peselancar lokal, Jefferson Ganuelas melalui akun media sosial Facebook.

"Di tengah kompetisi terbuka papan selancar pria, peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat, terlepas dari tali pengikatnya dan hanyut dan dihantam oleh ombak," tulis Ganuelas. "Peselancar lokal Roger Casugay menyelamatkannya tanpa memikirkan perlombaan untuk medali emas."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru