Nadiem Makarim Terpopuler Di Indonesia Usai Masuk Top Search Google 2019
Nasional

Nadiem Makarim menjadi tokoh yang paling dicari dalam mesin pencari Google di Indonesia pada tahun 2019 lantaran menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

WowKeren - Pihak Google Indonesia baru-baru ini merilis daftar pencarian paling populer dalam mesin pencari sepanjang 2019. Daftar Top Search Google ini berdasarkan informasi dan perspektif unik tentang momen serta tren tahun 2019 yang dilakukan di Indonesia.

Sosok Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim masuk dalam Top Search Google 2019 milik Google Indonesia. Nadiem menjadi salah satu sosok yang paling banyak dicari di Indonesia setelah dirinya diisukan dan akhirnya dilantik menjadi Mendikbud.

Nadiem sendiri pada awalnya merupakan seorang bos dan penemu perusahaan decacorn GoJek. Sontak penunjukan Nadiem sebagai Menteri oleh Presiden Joko Widodo sangatlah menghebohkan masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu, nama Nadiem Makarim juga turut diperbincangkan di media luar negeri. Contohnya adalah The Strait Times yang merupakan media asal Singapura.


Media tersebut menuliskan artikel yang mengomentari diangkatnya Nadiem sebagai Mendikbud. Mereka juga menyoroti bagaimana sosok Nadiem berani melepaskan jabatannya sebagai CEO GoJek, namun tetap mempertahankan saham startup yang didirikannya.

Head of Marketing Google Indonesia, Filipina, dan SEA NBU yakni Veronica Utami menjelaskan jika pengungkapan hasil penelusuruan yang dilakukan setiap tahun ini selalu menarik. Ia mengatakan jika daftar tersebut tidak hanyalah sekedar data melainkan harapan serta perasaan dari masyarakat Indonesia sepanjang 2019.

"Hasil penelusuran ini tidak sekadar menampilkan data, tapi juga mengetahui apa yang dirasakan dan dialami orang Indonesia sepanjang 2019," jelas Veronica saat event Year in Search 2019 di Jakarta, Rabu (11/12). "Hal itu dapat diketahui dari pencarian yang dilakukan pengguna di tahun ini."

"Year In Search menunjukkan bahwa 2019 adalah tahunnya masyarakat Indonesia menaruh perhatian lebih terhadap perubahan dan harapan, tidak hanya negara tapi juga individu," sambungnya. "Hal itu dapat dilihat dari pencarian individu yang ingin melakukan perubahan, seperti mencari gaya hidup sehat."

Veronica mengatakan jika pada tahun ini, Google telah menambahkan kategori baru yaitu kepergian tokoh. Kategori ini diharapkan dapat memberikan perhatian lebih terhadap tokoh-tokoh inspiratif bagi banyak orang.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru