Pencak Silat Ditetapkan UNESCO Sebagai Warisan Budaya Tak Benda
Nasional

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di bidang pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan yakni UNESCO telah menetapkan pencak silat sebagai warisan budaya tak benda.

WowKeren - Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di bidang pendidikan dan kebudayaan yakni UNESCO telah menetapkan pencak silat sebagai warisan budaya tak benda. Penetapan tersebut dilakukan dalam sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang berlangsung di Bogota, Kolombia pada 9-14 Desember 2019.

Kedutaaan Besar Indonesia di Bogota telah mengonfirmasi jika pencak silat ditetapkan sebagai warisan harta tak benda melalui keterangan tertulisnya. Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Indonesia dan sudah diturunkan dari generasi ke generasi.

Pencak silat terdiri dari berbagai elemen yakni tradisi lisan, seni pertunjukan, ritual dan festival, kerajinan tradisional, pengetahuan dan praktik sosial serta kearifan lokal. Seluruh elemen ini dinilai telah membentuk warisan budaya tak benda.

Wakil Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO yakni Prof. Surya Rosa Putra menjelaskan lebih lanjut mengenai keberadaan pencak silat di Indonesia. Menurutnya, pencak silat bukan hanya sekadar bela diri tetapi juga menjadi jalan hidup bagi para pelakunya.


"Pencak Silat mengajarkan kita untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan," kata Surya, Jumat (13/12). "Meskipun pencak silat mengajarkan teknik menyerang, namun yang terpenting adalah pencak silat juga mengajarkan kita untuk dapat menahan diri dan menjaga keharmonisan."

Surya menjelaskan keberhasilan penetapan pencak silat sebagai warisan budaya tak benda ini karena bentuk usaha dari sejumlah pihak. Mereka adalah pemerintah pusat dan daerah, berbagai komunitas, dan perguruan silat di sejumlah provinsi di Indonesia. Upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan pengumpulan dan pengajuan data, workshop, hingga penyusunan dan negoisasi dokumen nominasi.

Sementara itu, saat ini sudah ada berbagai komunitas, perguruan hingga festival pencak silat yang tersebar 52 negara di dunia. Menurut pembicaraan antara Menteri Olah Raga Kolumbia yakni Ernesto Lucena dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kolombia yakni Priyo Iswanto, nantinya akan diadakan ekshibisi untuk memperkenalkan pencak silat ke masyarakat Kolombia pada Februari 2020 mendatang.

Penetapan pencak silat ini membuat Indonesia sudah memiliki 11 warisan budaya tak benda UNESCO. Tak hanya itu, Indonesia juga mempunyai 9 situs warisan budaya dan alam, dan 15 cagar biosfer yang menjadikan negara ini memiliki jumlah terbesar di antara negara-negara ASEAN.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait