Kejaksaan Ungkap Peringkat Final IOI 'Produce 101' Ikut Dimanipulasi
TV

Menurut media, ada dua praktik manipulasi peringkat yang terjadi pada 'Produce 101' season 1. Namun aksi itu bukan dilakukan oleh PD Ahn Joon Young melainkan CP Han.

WowKeren - Kejaksaan beberapa waktu lalu mengungkap fakta mengejutkan jika semua member X1 dan IZ*ONE serta 1 personel Wanna One berhasil debut karena peringkat dimanipulasi oleh PD Ahn Joon Young dan CP Kim Yong Bum.

Pada Jumat (13/12), media lokal melaporkan jika kejaksaan mengungkap satu trainee yang masuk dalam member debut IOI telah ditambahkan secara tidak adil meskipun ada peserta lain yang seharusnya masuk Top 11 berdasarkan hasil voting.

Menurut media, ada dua praktik manipulasi peringkat yang terjadi pada "Produce 101" season 1. Pertama adalah saat eliminasi perdana dari 101 trainee menjadi 61. Saat itu, seharusnya ada dua trainee yang tereliminasi namun peringkatnya ditukar hingga mereka aman.


Selain itu selama siaran langsung episode terakhir, kejaksaan mengonfirmasi jika ada satu trainee dalam Top 11 yang digusur untuk kepentingan trainee lain yang seharusnya tidak berada di Top 11. Namun aksi itu bukan dilakukan oleh PD Ahn Joon Young melainkan CP Han.

"Memang benar bahwa PD Ahn Joon Young adalah PD utama 'Produce 101' saat itu dan peringkat final diubah tapi PD Ahn Joon Young membantah terlibat dalam manipulasi dengan menyebut dia hanya bertanggung jawab pada bagian editing siaran dan tidak bertugas langsung menghitung voting," ungkap kejaksaan.

"Kami menyimpulkan bahwa itu tindakan mantan CP CJ Entertainment Han dan penulis utama Park yang bertugas menghitung perolehan voting dan PD Ahn Joon Young tidak ada hubungannya dengan itu," pungkas kejaksaan.

Sementara itu, PD Ahn Joon Young dan CP Kim Yong Bum sendiri kabarnya akan menjalani persidangan resmi perdana pada 20 Desember mendatang. Delapan orang termasuk mereka dituntut atas kecurigaan menghalangi bisnis, penipuan, pelanggaran kepercayaan melalui suap dan pelanggaran UU Permohonan dan Korupsi.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait