Ahn Joon Young Bukan Dalang Manipulasi di Final 'Produce 101' Season 1, Mnet Tak Mau Banyak Komentar
TV

Laporan media soal manipulasi voting di final 'Produce 101' season 1 sukses mengejutkan banyak pihak. Namun ternyata manipulasi di final acara tersebut tidak dilakukan oleh Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum. Lantas siapa?

WowKeren - Beberapa waktu lalu kejaksaan mengungkap fakta mengejutkan bahwa PD Ahn Joon Young dan CP Kim Yong Bum telah memanipulasi peringkat semua member X1, IZ*ONE dan 1 personel Wanna One.

Pada Jumat (13/12), media lokal melaporkan jika kejaksaan mengungkap bahwa ada satu trainee yang dimasukkan dalam IOI padahal dia seharusnya gagal debut. Trainee tersebut ditambahkan secara tidak adil ke barisan debut meskipun ada peserta lain yang seharusnya masuk Top 11 berdasarkan hasil voting. Dengan demikian kasus manipulasi member IOI sama dengan Wanna One.

Menurut surat dakwaan tertulis yang diajukan Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul ke Majelis Nasional pada 3 Desember, jaksa menuntut Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum karena telah berkonspirasi dalam mengganggu bisnis, memilih, melatih dan memulai grup debut idol CJ ENM. Hal ini menimbulkan kesan bahwa Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum bertindak sendiri tanpa bantuan CJ ENM.

Namun laporan terbaru outlet media lokal melaporkan bahwa staf produksi lain telah mengubah peringkat IOI, yang menunjukkan bahwa ini bukan hanya masalah individu staf, tapi masalah struktural di CJ ENM.

Menurut surat dakwaan tertulis, Ahn Joon Young menghapus nama dua trainee dalam Top 61 dan menukarnya dengan dua trainee yang berada di luar Top 61. Ahn Joon Young memberikan catatan tersebut dan memberikan hasilnya kepada penyiar yang tidak tahu menahu soal manipulasi voting. Ini adalah satu-satunya hal yang dituduhkan kepada Ahn Joon Young untuk kecurangan di musim pertama.


Karena itu, pemberitaan media soal manipulasi hasil voting di final "Produce 101" season 1 cukup mengejutkan. Apalagi jaksa mengungkapkan jika pada saat itu "Produce 101" dikelola oleh mantan produser CJ ENM yang bernama "Han" dan penulis utama "Park". Terdakwa mengklaim bahwa merekalah yang memanipulasi voting selama final. Karena itulah Ahn Joon Young tidak dituduh telah memanipulasi hasil voting akhir "Produce 101" season 1.

"PD Han adalah produser utama musim pertama dan tidak memikul tanggung jawab yang kecil untuk kasus ini. Dia harus diselidiki secara menyeluruh agar dia bisa bertanggung jawab. Dalam situasi ini, kami gagal melihat tanggung jawab serius dan kompensasi yang dijanjikan oleh CJ ENM yang akan mereka ambil. CJ ENM harus segera bertanggung jawab," ujar seorang sumber dari komisi kebenaran kasus 'Produce 101' season 2-4.

Setelah laporan ini beredar, Mnet akhirnya angkat bicara. Namun mereka tidak ingin banyak berkomentar.

"Kami tidak dapat memeriksa pernyataan penjelasan atas non-indictment terhadap Ahn Joon Young, sehingga kami tidak tahu isinya. Kami juga tidak bisa mengatakan apa-apa tentang PD utama Han," jelas pihak Mnet.

Sementara itu, PD Ahn Joon Young dan CP Kim Yong Bum dikabarkan akan menjalani persidangan resmi perdana pada tanggal 20 Desember mendatang. Hingga saat ini delapan orang termasuk mereka telah dituntut atas kecurigaan menghalangi bisnis, penipuan, pelanggaran kepercayaan melalui suap hingga pelanggaran UU Permohonan dan Korupsi.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru