Elektabilitas Gibran Cuma Separuhnya Purnomo, PKB Tetap Beri Dukungan
Nasional

Elektabilitas Gibran dalam bursa pemilihan calon Wali Kota Solo masih terbilang rendah dibandingkan pesaingnya. Meski begitu, PKB mengatakan jika pihaknya akan tetap memberi dukungan untuk putra Presiden Jokowi tersebut.

WowKeren - Pencalonan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilihan Wali Kota Solo 2020 masih menjadi sorotan. Tak hanya itu, baru-baru ini elektabilitas Gibran pun turut disorot oleh sejumlah pihak terutama para politikus.

Diberitakan bahwa elektabilitas Gibran masih kalah dengan pesaingnya yaitu, Achmad Purnomo. Menanggapi kabar tersebut, PKB tetap yakin dan mendukung Gibran.

"Kan (pelaksanaan Pilwalkot Solo) masih panjang, jadi semua kandidat masih banyak waktu untuk meningkatkan elektabilitasnya, termasuk Mas Gibran," ungkap Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Selasa (17/12). "Nanti setiap tiga bulan bisa kita lihat perkembangannya."

Lebih lanjut, Daniel mengatakan bahwa partainya masih belum menentukan siapa yang yang akan diusung dalam Pilwakot Solo nanti. Namun, sejauh ini pihaknya masih berada di posisi ingin mendukung putra sulung Presiden RI tersebut.


"Sejauh ini yakin. Tapi pasti finalnya kami akan mendengarkan masukan DPW dan DPW," jelasnya. Bahkan menurutnya, sudah ada pendekatan-pendekatan dari PKB kepada Gibran. "Komunikasi secara informal, kita serahkan dearah untuk menjalin komunikasi," terangnya.

Sebelumnya diketahui jika elektabilitas Gibran belum jadi yang terdepan versi survei Median. Bahkan posisinya masih berada di bawah pesaingnya Achmad Purnomo, yang merupakan petahana Wakil Wali Kota Solo.

"Achmad Purnomo 45 persen, Gibran Rakabuming 24,5 persen, Budi Prasetyo 7,3 persen," sebut Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun. Survei yang diadakan ini melibatkan 800 responden dengan margin of error lebih kurang 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sedangkan sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kecamatan dan gender. Survei ini dilakukan pada 3-9 Desember lalu.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru