Jelang Natal, Polda Jawa Tengah Beri 'Maximum Security' Ini Di Gereja
Nasional

Perayaan Natal akan segera digelar, Kepolisian Jawa Tengah (Jateng) akan memberlakukan maximum security atau pengamanan super ketat di sejumlah gereja.

WowKeren - Perayaan hari raya Natal 2019 akan segera tiba. Kepolisian Jawa Tengah (Polda Jateng) akan segera memberlakukan maximum security atau pengamanan yang super ketat di sejumlah gereja yang berada di Jawa Tengah.

Pengamanan ekstra ini sebagai langkah antisipasi untuk menghindari segala bentuk ancaman keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Pengamanan juga diberlakukan akan acara ibadah Natal dapat berlangsung dengan lancar.

Maximum security yang akan diberlakukan ini ditandai dengan penambahan personel bersenjata dari Brimob. Selain itu, akan diberikan mesin X-Ray hingga penambahan kamera pengawas (CCTV) di sejumlah gereja.

Tak hanya itu, Polda Jateng juga akan melakukan pengamanan hingga dalam gereja bekerja sama dengan petugas keamanan gereja. "Kami juga lakukan pengamanan internal dengan berkoordinasi petugas keamanan gereja," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di Semarang usai melakukan silaturahmi dengan pengurus gereja-gereja di Jawa Tengah pada Rabu (18/12).


Rycko menjelaskan jika di Jawa Tengah terdapat kurang lebih 8.000 gereja. Nantinya, akan diberlakukan maximun security pada sekitar 3.100 gereja. Walau begitu, Rycko tidak ingin membeberkan terkait gereja mana saja yang menadapatkan pengamanan super ketat.

"Kalau di Jawa Tengah ada 8.000-an gereja, yang maximum security ada 3.000-an, lah," jelas Rycko. "Kita tidak bisa sebutkan rinci."

Pihak gereja pun menyambut positif terkait langkah-langkan keamanan yang akan dilakukan Polda Jateng. Ketua Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Jawa Tengah yakni Pendeta Ekalasa Purwibawa mengucapkan terima kasih atas upaya Polri mengamankan gereja pada ibadah Natal.

Pendeta Ekalasa menyampaikan jika pihaknya akan segera menyampaikan terkait rencana pengamanan super ketat dari kepolisian kepada para jemaat. Hal ini sebagai langkah dalam menghindari kepanikan jemaat jika melihat banyaknya aparat keamanan yang berjaga.

"Kami sangat berterima kasih dengan upaya Polda Jateng mengamankan Natal," ucap Pendeta Ekalasa. "Pastinya akan kami sosialisasikan kepada jemaat sehingga tidak panik dengan banyaknya aparat."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru