Tolak Pimpinan Baru KPK, ICW Datangkan 'Dukun' Jelang Pelantikan
Nasional

Presiden Joko Widodo melantik komisioner KPK periode 2019-2023 hari ini (20/12). Dari 5 pimpinan baru, sosok Ketua KPK terpilih, Komjen Pol Firli Bahuri, rupanya masih ditolak sejumlah pihak.

WowKeren - Hari ini (20/12) Presiden Joko Widodo melantik jajaran pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi, yakni periode 2019-2023. Namun diketahui sosok lima pimpinan baru ini menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Salah satu yang paling banyak menuai kritikan adalah Ketua KPK itu sendiri, yakni Komjen Pol Firli Bahuri. Penolakan atas Firli pun masih bergaung kencang hingga beberapa saat menjelang pelantikannya.

Salah satu yang masih aktif menyuarakan penolakannya adalah Indonesia Corruption Watch (ICW). Tak main-main, demi menolak pimpinan baru tersebut, ICW sampai mengerahkan dukun menjelang pelantikan.

Tentu saja dukun ini hanya pura-pura semata. ICW menyebut dukun pura-pura yang terpantau duduk di depan Gedung KPK itu sebagai bagian dari aksi teatrikal mereka mengkritik pelantikan pimpinan yang dilakukan hari ini.


"ICW mengadakan aksi teatrikal untuk menolak kehadiran pimpinan yang diduga banyak persoalan," kata peneliti ICW, Kurnia Ramadhana, yang terjun langsung ikut beraksi. Pengadaan dukun bohongan ini, ujar Kurnia, menyimbolkan upaya ICW mengusir "roh jahat".

Salah seorang peneliti ICW terlihat berpakaian serba hitam selayaknya penggambaran dukun di sinema Indonesia. Dukun itu kemudian duduk bersila di hadapan tungku gerabah yang ditaburi bunga, benar-benar menggambarkan sosok paranormal yang akrab di imajinasi masyarakat Indonesia.

Di belakangnya, sejumlah peneliti ICW lainnya membentangkan spanduk hitam bertuliskan "Tolak Pimpinan KPK Bermasalah" dan "#ReformasiDikorupsi". "Kami mengibaratkan orang yang diduga mempunyai persoalan (namun terpilih menjadi pimpinan KPK) sebagai roh jahat, sehingga harus diusir dari KPK," jelas Kurnia, dikutip dari Tempo.

Terang-terangan Kurnia menyebut pihaknya terus menyoroti pimpinan yang diduga pernah melakukan pelanggaran kode etik. Pasalnya sang pimpinan yang dimaksud diduga pernah bertemu dengan orang yang sedang berpekara di KPK.

Diketahui ada lima pimpinan KPK yang dilantik Jokowi hari ini. Yakni Firli Bahuri sebagai Ketua KPK, serta Lilik Pantauli Siregar, Nawawi Pomolango, Nurul Ghufron, dan Alexander Marwata sebagai Wakil Ketua KPK.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait