Ma'ruf Amin Beri Pesan Adem Soal Perayaan Natal, Hal Ini Justru Bikin Salfok
Nasional
Perayaan Natal 2019

Wapres Ma'ruf Amin, lewat juru bicaranya Masduki Baidlowi, memberikan pernyataan resmi soal perayaan Natal 2019 yang jatuh pada hari ini (25/12). Namun warganet tampaknya lebih fokus ke hal lain.

WowKeren - Hari ini (25/12), umat Nasrani dan Katolik di seluruh Indonesia bersama-sama merayakan hari kelahiran Yesus Kristus. Ibadah dan perayaan bersama keluarga serta kerabat tentu menjadi hal yang pantang untuk dilewatkan.

Sayangnya ada banyak narasi intoleransi yang berkembang di Indonesia menjelang perayaan Natal 2019. Menanggapinya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun angkat bicara.


Berikan pernyataan adem, Ma'ruf berharap perayaan Natal di seluruh penjuru Tanah Air bisa berlangsung damai dan khusyuk. Ma'ruf juga berharap agar umat Nasrani bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman.

"Wakil Presiden berharap, perayaan ibadah Natal Tahun 2019 berlangsung secara khusyuk," ujar Juru Bicara Ma'ruf, Masduki Baidlowi, menyampaikan pesan tertulis sang Wapres pada Selasa (25/12). "Damai dan nyaman dilaksanakan dan dirasakan oleh seluruh saudara kita umat Nasrani di seluruh tanah air."

Ma'ruf juga mengimbau agar seluruh aparat bekerja sedaya-upaya untuk mendukung pelaksanaan ibadah umat Nasrani. Namun Ma'ruf juga menegaskan, tak hanya aparat yang bertanggung jawab, tetapi juga seluruh masyarakat sebagai saudara sebangsa.

Pada kesempatan itu, sang Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ternyata juga ikut menyinggung soal perayaan Natal di Dharmasraya. Sebagai pengingat, warga Dharmasraya, Sumatera barat, dikabarkan tidak boleh merayakan Hari Natal kecuali di tempat ibadah resmi yang telah ditunjuk pemerintah.

Otoritas setempat berdalih belum ada rumah ibadah di Dharmasraya. Sedangkan tempat ibadah terdekat dari daerah itu adalah Sawahlunto yang berjarak 135 kilometer.

Ma'ruf pun mendorong agar semua warga Nasrani bisa melaksanakan ibadah Natal dengan nyaman. "Hendaknya Pemda Dharmasraya dan Sijunjung segera bertindak mencari solusi bagi umat Nasrani setempat agar mereka dapat merayakan ibadah natal di tempat masing-masing secara khusuk dan aman," jelas Masduki mewakili Ma'ruf, dikutip dari Detik News.

Namun ada yang lebih menarik perhatian warganet dari rangkaian pernyataan Ma'ruf itu. Pasalnya sang wapres diketahui tidak mengucapkan "Selamat Natal" barang sekali pun, kendati telah mendapat "izin" dari MUI Jawa Timur.

You can share this post!

Related Posts