Ombudsman Jenguk Setya Novanto Di Ruang VIP RSPAD, Begini Kondisinya
Nasional

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Liberty Sitinjak dan komisioner Ombudsman Adrianus Meliala mengecek kondisi Setya Novanto di RSPAD Gatot Subroto Jakarta usai ditemukannya kamar mewah miliknya di Lapas Sukamiskin.

WowKeren - Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov) kini sedang dalam kondisi yang tidak sehat sehingga harus menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebrtono, Jakarta. Oleh karena itu, kini mantan Ketua DPR tersebut dititipkan ke Lapas Cipinang, Jakarta.

“Setiap warga binaan yang melewati antar provinsi, prosedurnya dititip di lapas setempat," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas), Sukamiskin, Abdul Karim. "Karena rujukan berobatnya ke RSPAD Jakarta, maka yang bersangkutan di titip di Lapas Kelas 1 Cipinang,” lanjutnya yang dilansir Jawapos pada Jumat (27/12).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Liberty Sitinjak dan komisioner Ombudsman Adrianus Meliala pun mengecek kondisi perawatan Setya Novanto alias Setnov di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, pada Kamis (26/12) malam. Hal ini dilakukan usai ditemukannya kamar mewah milik Setya Novanto oleh Ombudsman di Lapas Sukamiskin.

Setnov dirawat di ruang VIP, yakni Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto. Menurut Adrianus, harusnya setiap narapidana mendapatkan kualitas perawatan yang setara. "Dalam hal narapidana tentu ada beberapa haknya yang dicabut," kata dia saat diwawancarai oleh para wartawan.


Meskipun begitu, Adrianus mengatakan bahwa tak ada maladministrasi dalam perawatan Setya kali ini. Ia menyaksikan ada dua petugas yang mengawal Setya. Meskipun begitu, ia menilai pemerintah perlu membuat aturan yang lebih detail soal perawatan narapidana di luar lapas.

Sementara itu, sari hasil pemantauan Liberty, Setnov memang benar sakit dan sedang dirawat. "Yang jelas hari ini saya dengan Profesor Adrianus sudah menyaksikan langsung Setnov sedang di radiologi, itu saja," kata Liberty usai melakukan pengecekan.

Liberty mengatakan bahwa ia sempat berbincang dengan Setya dan memegang tangannya. "Saya pegang tangannya panas," kata dia yang dilansir Tempo pada Jumat (27/12).

Ia mengatakan bahwa Setnov sedang duduk di kursi roda ketika ditemui. Menurutnya, saat itu Setnov hendak dibawa ke radiologi. Liberty mengatakan bahwa Setnov baru mulai dirawat di RSPAD baru-baru ini dengan keluhan sakit jantung. Ia berjanji akan mengawasi perawatan mantan ketua Partai Golkar ini selama di RSPAD.

(wk/aros)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait