Diduga Libatkan Kalangan Dekat Penguasa, Tagar #MegaSkandalJiwasraya Trending
Nasional
Skandal Korupsi Jiwasraya

Belakangan kasus gagal bayar berujung dugaan korupsi asuransi Jiwasraya turut menyeret kampanye Joko Widodo di Pilpres 2019 dan perusahaan milik Menteri BUMN Erick Thohir.

WowKeren - Beberapa waktu belakangan, kasus dugaan megakorupsi yang melibatkan asuransi pelat merah Jiwasraya terus menjadi pembicaraan panas. Sebagai pengingat, Kejaksaan Agung mengungkap negara bisa merugi hingga Rp13,7 triliun akibat kejahatan rasuah tersebut.

Kasus terus bergulir, begitu pula berbagai spekulasi yang semakin berkembang. Yang terbaru, dana yang "dirampok" dari Jiwasraya disebut-sebut dipakai untuk biaya kampanye Presiden Joko Widodo.

Kabar ini pun sontak dibantah oleh PDI Perjuangan sebagai partai utama pengusung Jokowi. Politikus PDIP, Deddy Sitorus menegaskan bahwa defisit Jiwasraya dan dana kampanye Pilpres 2019 merupakan dua hal yang berbeda.

"Ibarat bisul, itu (masalah Jiwasraya) pecahnya tahun 2018. Kalau dikaitkan dengan pilpres ngawur karena bisulnya pecah 2018," kata Deddy di Jakarta, Minggu (29/12).

Isu yang berkembang di sekitar kasus Jiwasraya pun tak hanya itu. Belakangan muncul pula kabar bahwa kasus gagal bayar polisi ini melibatkan Menteri BUMN Erick Thohir. Sebab dikabarkan salah satu saham yang dibeli oleh Jiwasraya adalah milik Erick lewat PT Mahaka Group.

Tak hanya itu, Erick bahkan dituding telah menerima aliran uang agar bungkam atas kasus ini. Belakangan Erick telah menyampaikan keberatannya atas tudingan tersebut.


"Cuma teman-teman (media) bilang bungkam, terus sekarang diputarbalikkan. Erick Thohir terima duit Rp100 miliar, Rp200 miliar, eh duit dari mana itu terimanya? Gitu lho. Jangan dipolitisasi." kata Erick, Senin (23/12).

Terlibatnya kalangan di sekitar penguasa pun membuat publik cukup skeptis terhadap kasus ini. Bahkan belakangan ketidakpercayaan publik semaki mengemuka hingga berhasil mengantarkan tagar #MegaSkandalJiwasraya berada di urutan lima besar Trending Topic Indonesia.

Diduga Libatkan Kalangan Dekat Penguasa, Tagar #MegaSkandalJiwasraya Trending

Twitter

Dipantau pada tagar tersebut, warganet kompak menyuarakan keluhan mereka terhadap kasus Jiwasraya. Berikut beberapa komentar warganet.

"Orang-Orang Istana Dalam Pusaran Badai Skandal Jiwasraya. Pekerjaan skala besar dikerjakan oleh orang2 besar.. Gitu jg Korupsi skala besar. Lagi2 orang Istana. #MegaSkandalJiwasraya," cuit @SYAR*******ie.

Di sisi lain, penyelidikan terus dilakukan untuk mengusut tuntas kasus ini. Belakangan Kejaksaan Agung telah tegas mencekal sepuluh nama yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts