Waspadai Leptospirosis, Penyakit yang Kerap Terjadi di Musim Hujan dan Banjir
Health

Sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir selama beberapa hari terakhir. Jika Anda berdomisili di kawasan ibukota, sebaiknya waspadai beberapa penyakit yang rentan terjadi di musim hujan dan banjir ini dengan mengenali gejalanya.

WowKeren - Leptospirosis adalah salah satu penyakit yang sebaiknya diwaspadai saat musim hujan dan banjir. Leptospirosis sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri leptospira dan biasanya disebarkan melalui hewan. Di Indonesia, hewan penular terutama penyakit ini adalah tikus yang ditularkan melalui kotoran dan air kencingnya.

Di musim hujan terutama ketika terjadi banjir, tikus-tikus yang tinggal di liang-liang tanah akan ikut keluar untuk menyelamatkan diri. Mereka akan berkeliaran di sekitar manusia dan air kencingnya akan tercampur dengan air banjir. Manusia dapat terinfeksi jika menjalin kontak dengan air atau tanah yang terkontaminasi air kencing tikus tersebut.

Akibatnya manusia tersebut akan mengalami leptospirosis yang memiliki gejala demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, mata merah, menggigil, otot betis sakit dan sakit perut. Dalam kasus tertentu, penyakit ini bisa menyebabkan gangguan hati, gagal ginjal, meningitis hingga gagal pernafasan.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru