Diklaim Sepihak Oleh Tiongkok, Ini 8 Destinasi Wisata di Natuna dengan Pemandangan Menakjubkan
Travel

Tim WowKeren akan mengulas beberapa destinasi wisata yang memiliki keindahan luar biasa di Natuna, kawasan yang diklaim sepihak oleh Tiongkok hingga menimbulkan ketegangan antara dua negara.

WowKeren - Hubungan Indonesia dan Tiongkok saat ini tengah memanas. Pasalnya Tiongkok secara sepihak mengklaim Laut Natuna sebagai bagian dari wilayahnya. Seperti yang diketahui beberapa waktu lalu mulai marak kapal penangkap ikan asing di Natuna, menyusul kebijakan Menteri KKP Edhy Prabowo untuk tak lagi menenggelamkan kapal. Di antara kapal-kapal asing yang ada salah satunya berasal Tiongkok yang bahkan ditemani kapal coast guard.

Indonesia langsung melayangkan protes keras ke Tiongkok, namun pemerintah Tiongkok menegaskan bahwa pihaknya memiliki hak atas Laut Natuna. Sehingga baik Indonesia menerima ataupun tidak, mereka menganggap bahwa itu adalah fakta objektif yang ada. Bahkan Tiongkok seolah tengah "menantang" karena tak juga angkat kaki dari perairan Natuna.


Sehubungan dengan permasalahan ini, tim WowKeren akan membahas beberapa destinasi wisata yang ada di Natuna. Beberapa destinasi berikut ini memiliki keindahan yang luar biasa sehingga jangan sampai lepas dari bagian wilayah Republik Indonesia. Yuk langsung simak ulasannya berikut ini.

1. Masjid Raya Natuna, 'Taj Mahal' Versi Indonesia yang Sangat Indah


Masjid Raya Natuna, 'Taj Mahal' Versi Indonesia yang Sangat Indah

Jika India memiliki Taj Mahal, maka Indonesia punya Masjid Raya Natuna. Kenapa demikian? Pasalnya masjid yang memiliki latar belakang pemandangan yang indah ini sekilas mirip dengan Taj Mahal di India. Dikelilingi dengan hijaunya alam pegunungan, masjid ini semakin dipercantik dengan adanya kolam di tengah jalan menuju bangunan utama masjid.

Ornamen pintu Masjid Natuna sendiri terinspirasi dari kitab suci Al Quran. Sedangkan kubah masjid yang memiliki ketinggian hingga 17 meter ini melambangkan jumlah rakaat salat dalam sehari. Jika dilihat dari dalam, kita akan menemui hiasan kaligrafi dan desain bermotif bunga yang mempercantik area kubah. Selain itu, masjid terbesar di Natuna ini dapat memuat 180 jemaah dalam satu barisnya.

2. Alif Stone Park, Destinasi Wisata Super Indah di Natuna yang Sayang Dilewatkan


Alif Stone Park, Destinasi Wisata Super Indah di Natuna yang Sayang Dilewatkan

Alif Stone Park adalah destinasi wisata di Natuna yang juga memiliki keindahan luar biasa. Taman berbatu yang terletak di tepi pantai Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau ini memiliki ribuan baru Megalitith yang tersusun rapi.

Bongkahan batu raksasa ini menyimpan panorama yang sangat mempesona dan menakjubkan. Karena itulah selain untuk menikmati pemandangan yang ciamik, wisatawan biasanya tak lupa untuk menyempatkan diri berfoto di antara bebatuan tersebut. Untuk mencapai ke tempat itu sendiri kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan jarak tempuh sekitar 10 hingga 15 menit. Infrastruktur jalannya yang cukup tersedia membuat lokasi wisata ini mudah dijangkau oleh seluruh alat transportasi.

3. Pantai Sisi, Pantai di Natuna yang Memiliki Pemandangan Pasir Menakjubkan


Pantai Sisi, Pantai di Natuna yang Memiliki Pemandangan Pasir Menakjubkan

Jika berkunjung ke Natuna jangan sampai melewatkan Pantai Sisi yang memiliki pemandangan luar biasa. Karena panorama alam yang dimilikinya, Pantai Sisi adalah satu-satunya pantai di Kepulauan Riau yang berhasil menyandang status sebagai pantai alami terbaik di dunia versi majalah Island tahun 2006.

Pantai yang terletak di Kecamatan Serasan ini memang memiliki pemandangan yang sangat cantik. Air laut yang hijau kebiruan ditambah dengan pasir putih halus yang membentang panjang membuatnya sangat mempesona. Belum lagi pemandangan gunung dan langit biru yang sangat ciamik membuat lokasi ini sangat instagramable.

4. Pantai Batu Kasah, Destinasi Wisata Menarik di Natuna yang Memiliki Pemandangan Ciamik


Pantai Batu Kasah, Destinasi Wisata Menarik di Natuna yang Memiliki Pemandangan Ciamik

Pantai lainnya di kawasan Natuna yang memiliki pemandangan indah adalah Pantai Batu Kasah. Karena letaknya di Desa Cemaga, pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Cemaga. Karena pemandangannya yang menarik, pantai ini jadi salah satu tujuan wisata yang cukup ramai saat akhir pekan.

Pantai ini dihiasi dengan batu-batu granit dalam berbagai ukuran dan bentuk yang sangat menarik untuk dijadikan spot foto. Pantai ini sendiri dapat dituju dengan menempuh perjalanan selama 45 menit hingga satu jam dari pusat kota Ranai.

5. Pulau Senua, Gugusan Pulau di Kawasan Natuna yang Memiliki Pemandangan Eksotis


Pulau Senua, Gugusan Pulau di Kawasan Natuna yang Memiliki Pemandangan Eksotis

Pulau Senua adalah objek wisata lainnya yang sayang untuk dilewatkan jika sedang berkunjung ke Natuna. Pulau ini sendiri termasuk dalam gugusan Pulau Natuna Besar yang lokasi tepatnya berada di sebelah Timur Pulau Natuna. Pulau Senua memiliki pemandangan yang indah dengan lanskap alam pantai yang eksotis dengan alam bawah laut yang tak kalah indah.

Perairan di pulau ini dikenal penuh dengan terumbu karang yang tumbuh subur. Di dalamnya juga hidup berbagai macam biota laut. Yang tak kalah penting adalah air lautnya yang sangat jernih dan biru. Menariknya lagi, pulau ini terkait erat dengan legenda yang menyebutkan bahwa Pulau Senua adalah jelmaan dari seorang perempuan yang hamil. Apalagi kata Senua dalam bahasa setempat berarti wanita yang sedang berbadan dua.

6. Ingin Berwisata ke Natuna? Jangan Lupa Untuk Mampir ke Batu Sindu Ya


Ingin Berwisata ke Natuna? Jangan Lupa Untuk Mampir ke Batu Sindu Ya

Sesuai dengan namanya, Batu Sindu dipenuhi dengan bebatuan granit berukuran besar yang terletak di bukit Senubing. Tak hanya di bukit, batu-batu raksasa di tempat ini juga menyebar hingga ke tepi pantai. Dan biasanya para wisatawan menikmati keindahannya dari ketinggian atau puncak bukit karena jalur menuju pantai agak sulit.

Dengan menyaksikannya di atas bukit, kamu bisa menikmati hamparan laut dengan bebatuan di sepanjang pantai. Tempat ini akan jadi semakin menarik ketika tiba waktunya bagi matahari untuk terbit atau tenggelam. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk sekedar duduk-duduk dan menikmati pemandangan indah bersama orang-orang terdekat.

7. Jelita Sejuba Resort, Destinasi Wisata di Natuna dengan Pemandangan Bebatuan yang Menarik


Jelita Sejuba Resort, Destinasi Wisata di Natuna dengan Pemandangan Bebatuan yang Menarik

Jelita Sejuba Resort adalah tempat wisata lainnya di Natuna yang sangat indah. Tempat ini awalnya merupakan salah satu lokasi syuting film "Jelita Sejuba" yang kemudian disulap jadi tempat wisata oleh pemiliknya. Lokasinya sendiri didominasi dengan bebatuan granit seperti kebanyakan pantai yang ada di Pulau Natuna.

Jelita Sejuba Resort menyediakan berbagai spot foto yang instagramable sehingga cocok untuk pecinta fotografi. Tempat ini juga menyediakan fasilitas yang komplit seperti toilet, tempat parkir hingga area bermain anak-anak. Selain itu, tempat ini juga cocok digunakan untuk bersantai sambil menikmati kuliner khas Natuna dan air kelapa muda yang segar.

8. Wisata Gunung Gundul, Destinasi Menarik di Natuna yang Punya Sejarah Miris


Wisata Gunung Gundul, Destinasi Menarik di Natuna yang Punya Sejarah Miris

Gunung Gundul adalah wisata indah lainnya di Pulau Natuna yang sayang untuk dilewatkan. Lokasi yang banyak ditumbuhi pepohonan ini menjadikannya tempat wisata yang sejuk dan menyegarkan. Setelah berjalan kaki dan sampai di atas, kamu akan menjumpai beberapa gazebo yang bisa dijadikan untuk tempat bersantai. Nah dari situlah kamu bisa menikmati pemandangan Pulau Natuna yang indah.

Di balik keindahannya, gunung ini memiliki sejarah yang miris. Sebab dinamakan gundul karena tumbuhan di sekitarnya hangus terbakar dalam peristiwa kebakaran hutan pada tahun 1983 silam. Meski demikian gunung ini masih memiliki sejumlah pesona menarik lainnya, di antaranya adalah berbagai tulisan berbahasa Jawa yang akan kamu jumpai di sana. Sebab gunung ini terletak di desa Harapan Jaya (SP1) yang merupakan salah satu desa transmigrasi dan sebagian penduduknya berasal dari Pulau Jawa.

Demikian delapan destinasi indah di Natuna, kawasan yang diklaim sepihak oleh Tiongkok. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa destinasi wisata tersembunyi dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Selain itu kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa wisata bekas galian tambang yang memiliki pemandangan luar biasa.

You can share this post!

Related Posts