Rumah Berserta Isinya Terendam Air? Intip 7 Tips Merawat Barang Elektronik Pasca Kebanjiran
Tekno

Banjir yang melanda dari malam tahun baru 2020 ini berhasil merendam rumah beserta isinya. Hal ini membuat seluruh penghuni diwajibkan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

WowKeren - Hujan besar yang dimulai pada malam pergantian tahun baru mengakibatkan beberapa wilayah ibu kota tergenang air. Tak tanggung-tanggung, banjir yang melanda dari malam tahun baru 2020 ini berhasil merendam rumah beserta isinya. Hal ini membuat seluruh penghuni diwajibkan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Selain itu, perabotan rumah tangga seperti pendingin ruangan, kulkas, atau oven, bisa terendam air hingga rusak. Lantaran peristiwa alam ini, tidak sedikit harga beda, terutama barang-barang elektronik warga yang terendam air bercampur lumpur.


Namun ada beberapa cara untuk merawat beberapa barang elektronik yang terendam banjir loh. Penasaran? Yuk simak beberapa tips merawat atau pertolongan pertama terhadap barang-barang elektronik yang sempat terendam air akibat banjir berikut!

1. Selamatkan Handphone Yang Terendam Banjir Dengan Tips Berikut


Selamatkan Handphone Yang Terendam Banjir Dengan Tips Berikut

Jika ponsel kalian masih bisa hidup ketika diambil dari dalam air, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah segera matikan. Setelah melepas semua komponennya seperti case, kartu SIM dan memori, gunakan kain untuk mengeringkan ponselnya. Untuk hasil yang lebih kering, kalian bisa menggunakan alat penyedot debu untuk mengeringkan celah-celahnya.

Jangan menjemur smartphone di bawah sinar matahari secara langsung dan lebih baik keringkan di udara terbuka yang sejuk dan kering. Untuk pengeringan lebih maksimal, biasanya orang-orang akan menggunakan trik menguburkan ponsel-nya di dalam beras. Namun, menguburnya bersama Silica Gel disebut justru lebih efektif.

2. Ikuti Tips Berikut Untuk Menyelamatkan Laptop Sehabis Kebanjiran


Ikuti Tips Berikut Untuk Menyelamatkan Laptop Sehabis Kebanjiran

Hal pertama adalah hindari menggunakan hairdryer untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam laptop. Pasalnya, jika air terlanjur masuk ke dalam celah casing dan mengenai bagian dalam dari mainboard laptop, hairdryer justru akan memperparah kerusakan. Air hujan biasanya menyebabkan korosi pada komponen dan bagian bagian mainboard, hanya dalam hitungan 24 jam.

Segera bongkar casing laptop dan pastikan semua baut sudah lepas menggunakan obeng sesuai ukuran agar tidak merusak. bilas permukaan mainboard yang terendam air menggunakan kuas halus dan alkohol isopropil (isopropyl alchohol) 99 persen. bahan kimia ini dijual di toko kimia atau secara online. Tujuannya adalah membuat bagian yang basah menguap. Setelah membersihkan bagian bagian yang terkena air, barulah keringkan di udara terbuka yang hangat selama dua atau tiga hari. Rakit kembali laptop seperti semula dan coba hidupkan laptop dengan menggunakan charger saja

Jika ternyata laptop bisa menyala kembali dengan normal, barulah pasang baterai. Jika ternyata laptop tidak bisa di nyalakan, berarti sudah terjadi korslet yang disebabkan ada komponen yang terkena air. Segera bawa laptop anda ke tempat servis.

3. Begini Caranya Merawat Kulkas Yang Telah Terendam Banjir


Begini Caranya Merawat Kulkas Yang Telah Terendam Banjir

Jika kulkas hanya terendam banjir pada bagian kaki-kaki kulkas, kalian bisa memeriksa sistem pendingin kompresor di bagian bawah dan belakang kulkas.Namun, kalian harus memastikan bahwa sistem tersebut tersegel dalam kondisi yang baik. Disarankan memeriksa semua kontrol listrik termasuk termostat, kunci pengaman hingga penghitung waktu pencairan es.

Apabila kulkas kalian terendam air seluruhnya, ada berpotensi untuk mengganti kulkas. Sebab insulasi bisa basah apabila kulkas tenggelam dalam air. Insulasi ini juga sulit dibenarkan tanpa merusak rak-rak di kulkas. Insulasi juga akan mengering dengan lambat karena dinding di kulkas dingin saat alat menyala. Pemanas Mullion di beberapa kulkas untuk menghilangkan kondensasi juga menjadi masalah tambahan karena bisa menyebabkan sengatan listrik. Perlu diingat juga bahwa pengeringan yang lambat dari insulasi di kulkas bisa membentuk pertumbuhan bakteri pada kulkas akibat rendaman air.

4. Ikuti Tips Berikut Jika Ingin Kompor Kalian Selamat Pasca Kebanjiran


Ikuti Tips Berikut Jika Ingin Kompor Kalian Selamat Pasca Kebanjiran

Pertama-tama, kalian sebaiknya melepaskan kompor dari gas dan buka penutup kompor agar insulasi bisa lebih cepat mengering. Biarkan insulasi mengering sebelum menyalakan kompor. Apabila kenop kompor dan rheostat basah, kalian harus menggantinya.

Permukaan interior kompor juga harus dibersihkan dengan disinfeksi. Kalian juga sangat disarankan menyalakan kompor untuk membasmi bakteri dan menghilangkan kelembapan di dalam kompor. Selanjutnya, kalian bisa memanggil teknisi untuk memeriksa kondisi kompor. Dari sana, teknisi bisa menyarankan lebih baik membeli kompor baru atau kompor bisa tetap digunakan.

5. Mesin Cuci Yang Habis Kebanjiran Jangan Langsung Digunakan, Ikuti Tips Ini!


Mesin Cuci Yang Habis Kebanjiran Jangan Langsung Digunakan, Ikuti Tips Ini!

Sama seperti perabotan lain, kalian harus membersihkan mesin cuci dan pengering dengan disinfektan. Kemudian perlu pula memanggil teknisi untuk memeriksa seluruh sambungan listrik di mesin cuci dan pengering. Pastikan juga mesin cuci tercabut dari sambungan listrik untuk menghindari sengatan listrik.

6. Kendaraan Bermotor Seperti Mobil Dan Motor Harus Dirawat Dengan Cara Seperti Ini Ya


Kendaraan Bermotor Seperti Mobil Dan Motor Harus Dirawat Dengan Cara Seperti Ini Ya

Ada salah satu pantangan utama yang tidak boleh dilanggar setelah kendaraan terendam banjir. Pantangan itu adalah menghidupkan mesin mobil dalam kondisi masih basah. Tindakan menghidupkan mesin mobil atau sekadar meng-on-kan kontak mobil akan berakibat fatal bagi mesin dan sistem kelistrikannya.

Sistem kelistrikan yang mengalami korsleting berpotensi membuat komponen ECU (Electronic Control Unit) dan kabel bodi (wiring) rusak. Sementara pada mesin, air sisa banjir yang masuk ke ruang mesin efeknya bisa menimbulkan gejala water hammer. Oleh karena itu, jika sambungan antar kabel basah, keringkan dengan angin bertekanan atau kompresor.

7. TV dan Alat Elektronik Lain Sehabis Kebanjiran Juga Butuh Perawatan Seperti Ini


TV dan Alat Elektronik Lain Sehabis Kebanjiran Juga Butuh Perawatan Seperti Ini

Pertama-tama kalian harus mencabut, membersihkan, mengeringkan dan mendisinfeksi seluruh perabotan dan furnitur elektronik seperti setrika, oven, televisi, hingga pengering rambut. Hal ini juga menghindari adanya korslet pada sistem kelistrikannya.

Setelah itu periksalah dengan cermat untuk apakah bisa diperbaiki atau menggantinya. Dalam beberapa kasus, alat bisa digunakan dengan mengeringkan seluruh bagian, patut diingat jangan sampai alat digunakan sebelum benar-benar kering. Biarkan waktu pengeringan yang lama sebelum dinyalakan ya.

Intip juga beberapa tips merawat mobil saat musim hujan di sini. Atau kalian bisa melihat beberapa aplikasi yang super berguna saat musim hujan di sini.

You can share this post!

Related Posts