Ikuti Tips Berikut Untuk Menyelamatkan Laptop Sehabis Kebanjiran
Tekno

Banjir yang melanda dari malam tahun baru 2020 ini berhasil merendam rumah beserta isinya. Hal ini membuat seluruh penghuni diwajibkan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

WowKeren - Hal pertama adalah hindari menggunakan hairdryer untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam laptop. Pasalnya, jika air terlanjur masuk ke dalam celah casing dan mengenai bagian dalam dari mainboard laptop, hairdryer justru akan memperparah kerusakan. Air hujan biasanya menyebabkan korosi pada komponen dan bagian bagian mainboard, hanya dalam hitungan 24 jam.

Segera bongkar casing laptop dan pastikan semua baut sudah lepas menggunakan obeng sesuai ukuran agar tidak merusak. bilas permukaan mainboard yang terendam air menggunakan kuas halus dan alkohol isopropil (isopropyl alchohol) 99 persen. bahan kimia ini dijual di toko kimia atau secara online. Tujuannya adalah membuat bagian yang basah menguap. Setelah membersihkan bagian bagian yang terkena air, barulah keringkan di udara terbuka yang hangat selama dua atau tiga hari. Rakit kembali laptop seperti semula dan coba hidupkan laptop dengan menggunakan charger saja

Jika ternyata laptop bisa menyala kembali dengan normal, barulah pasang baterai. Jika ternyata laptop tidak bisa di nyalakan, berarti sudah terjadi korslet yang disebabkan ada komponen yang terkena air. Segera bawa laptop anda ke tempat servis.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru