Buntut Serangan Rudal, AS Larang Maskapainya Mengudara di Langit Iran Hingga Arab Saudi
Dunia

Badan Aviasi Federal (FAA) Amerika Serikat melarang seluruh maskapainya untuk beroperasi melintas di langit Irak, Iran, Teluk Oman, dan perairan antara Iran dan Arab Saudi.

WowKeren - Iran telah melancarkan serangan balasan untuk Amerika Serikat setelah Presiden AS Donald Trump memerintahkan pembunuhan atas Mayor Jenderal Qasem Soleimani. Seperti diketahui, Komandan pasukan elit Quds Iran, Jenderal Qasem Soleimani, dilaporkan tewas dalam serangan udara pasukan Amerika Serikat (AS) di Irak pada Jumat (3/1).

Buntut dari serangan rudal yang dilancarkan oleh Iran tersebut, Badan Aviasi Federal (FAA) Amerika Serikat melarang seluruh maskapai penerbangannya mengudara di langit Iran dan Arab Saudi. Larangan tersebut dikeluarkan guna menghindari risiko operasi penerbangan sipil AS atas ketegangan yang terjadi antara Amerika dengan Iran.

"Karena aktivitas militer dan ketegangan politik di Timur Tengah meningkat," kata FAA melalui keterangan tertulis seperti dilansir Reuters, Rabu (8/1). "Demi menghindari risiko seluruh operasi penerbangan sipil AS di wilayah tersebut dilarang melintasi wilayah udara di atas Irak, Iran, Teluk Oman, dan perairan antara Iran dan Arab Saudi."


Larangan ini telah disampaikan ke seluruh maskapai penerbangan AS. Meski demikian, FAA belum bisa memastikan kapan larangan tersebut akan dicabut.

Seperti diberitakan sebelumnya, garda revolusi Iran menyerang dua pangkalan militer AS di Irak pada Rabu dini hari. Stasiun televisi Iran menyebutkan bahwa serangan tersebut menewaskan sedikitnya 80 tentara AS.

Kepala Angkatan Bersenjata Iran Jenderal Muhammad Baqeri berharap agar dengan serangan rudal tersebut, Amerika akan segera menarik angkatannya. "Sekarang mereka paham kekuatan kita. Ini saatnya Amerika Serikat menarik tentaranya dari Timur Tengah," kata Baqeri dilansir Sputnik, Rabu (8/1).

Meski demikian, Trump menyebut bahwa semuanya baik-baik saja. Saat ini, pihaknya tengah menghitung jumlah korban dan kerusakan yang dialami akibat serangan rudal Iran.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait