Situasi Memanas, Simak Kekuatan Militer Milik AS vs Iran
Dunia

Situasi kedua negara semakin memanas pasca terbunuhnya Jenderal Soleimani. Simak adu kekuatan militer yang dimiliki oleh pihak Amerika Serikat versus Iran. Siapa terkuat?

WowKeren - Hubungan Iran dan Amerika Serikat (AS) saat ini semakin memanas dan mencapai ketegangan yang begitu tinggi akibat terbunuhnya Jenderal Qasem Soleimani. Seperti yang diketahui, Soleimani yang merupakan komandan pasukan elit Quds Iran dibunuh oleh Amerika atas perintah langsung dari Presiden Donald Trump.

Terbunuhnya orang nomor dua di Iran tersebut telah membuat Iran murka hingga melancarkan serangan balasan kepada AS. Iran telah membombardir basis pasukan Amerika di pangkalan udara Ayn al-Asad di Irak Barat pada Rabu (8/1) pagi dengan puluhan roket.

Televisi Nasional di Iran mengklaim bahwa serangan rudal tersebut telah menewaskan 80 personel AS. Mereka juga mengklaim jika kendaraan dan perlengkapan militer milik AS mengalami kerusakan parah akibat serangat tersebut.

Namun, Presiden Trump telah memberikan klarifikasi jika tidak ada satupun prajurit AS yang tewas dalam aksi serangan yang dilancarkan Iran. Bahkan, Trump mengatakan jika semuanya baik-baik saja lantaran AS memiliki kekuatan militer paling kuat di dunia.

Lantas, jika melihat aksi saling serang antara Iran dan AS, pihak manakah yang memiliki pasukan militer terkuat? Dilansir dari Metro, Global Fire Power (laman peringkat militer) telah menempatkan Amerika Serikat di posisi pertama. Sementara itu, Iran berada di posisi 14 dari 137 negara dengan kekuatan militer terkuat.

Namun walau berada di peringkat 14, militer Iran sama sekali tidak dapat dipandang remeh oleh AS. Pasalnya, Iran memiliki jaringan sekutu kuat dan dianggap sebagai ancaman besar bagi AS jika sampai terjadi perang.


Tercatat, Iran diperkirakan memiliki 523.000 personel aktif pada angkatan darat, laut, udara. Ditambah dengan populasi lebih dari 83 juta penduduk, Pemerintah Iran dapat menarik lebih banyak pasukan yang berasal dari tenaga kerja jika dibutuhkan. Tenaga kerja yang berpotensi ada sekitar 47.324.105 orang.

Sementara dari sisi anggaran, Iran mengalokasikan dana mencapai US$ 6,3 miliar untuk militer. Hal ini membuat Iran memiliki kekuatan darat berupa dari 8.577 tank tempur, roket, kendaraan tempur lapis baja, artileri. Kemudian kekuatan udara yang dimiliki adalah 512 pesawat tempur dan helikopter. Sedangkan kekuatan lautnya, Iran memiliki 398 kapal, mulai dari kapal selam dan kapal perang ranjau.

Iran juga memiliki 12 rudal jarak pendek dan menengah. Tak tanggung-tanggung, pihak Departemen Pertahanan AS menyebut jika rudal Iran merupakan yang terbesar di kawasan Timur Tengah.

Sementara AS dengan kekuatan militer nomor satu di dunia memiliki 1.281.900 personel militer. Jumlah personel militer AS ini masih bisa bertambah bahkan hingga mencapai 144.872.845 orang.

AS juga mengalokasikan anggaran sebesar US$ 716 miliar. Negeri Paman Sam ini memiliki jumlah rudal lebih sedikit dibanding Iran, namun rudal yang dimiliki AS ini diklaim lebih canggih dari Iran.

Negara pimpinan Trump ini juga disebutkan memiliki 48.422 kendaraan perang yang terdiri dari tank tempur, roket proyektor, artileri, hingga kendaraan tempur lapis baja. Sedangkan di sisi udara, AS saat ini memiliki 10.170 alat tempur dan di laut memiliki 425 armada tempur.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait